PENGEMBANGAN JOB SHEET INSTALASI MOTOR LISTRIK TIGA FASA MENGGUNAKAN DIRECT INSTRUCTION DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan job sheet instalasi motor listrik tiga fasa menggunakan direct instruction. Lebih lanjut tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan job sheet instalasi motor listrik tiga fasa yang dihasilkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan research and development (R & D) yang dikembangkan oleh Sugiyono. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPfL 3 dan XI TPfL 4 Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Surabaya. Pada penelitian ini rancangan ujicoba yang digunakan adalah static-group pretest-postest design.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa job sheet instalasi motor listrik tiga fasa berada pada kategori sangat valid valid dengan presentase sebesar 84%, RPP berada pada kategori sangat valid dengan presentase sebesar 90%, butir soal pretest dan posttest berada pada kategori valid dengan presentase sebesar 80%, respon siswa berada pada kategori sangat baik dengan presentase sebesar 83%, kegiatan pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori efektif dengan nilai rata-rata 3,5. Hasil belajar pengetahuan kelas kontrol yang tidak diajarkan job sheet instalasi motor listrik menggunakan direct instruction  mencapai 73,4 dan kelas eksperimen yang diajarkan job sheet instalasi motor listrik menggunakan direct instruction  mencapai 78,7. Hasil belajar keterampilan kelas kontrol yang tidak diajarkan job sheet instalasi motor listrik menggunakan direct instruction  mencapai 77,8 dan kelas eksperimen yang diajarkan job sheet instalasi motor listrik menggunakan direct instruction  mencapai 82,2.
Kata Kunci: job sheet, instalasi motor listrik, direct instruction, R & D
Penulis: M ANAM ARIF N, Euis Ismayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd170072

Artikel Terkait :