PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian pengembangan media pembelajaran audio visual ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran serta dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang ditinjau dari validitas media, efektivitas media dan kepraktisan media.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Media pembelajaran audio visual yang dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen Teknik Elektronika dan 2 guru SMKN 2 Surabaya  sebagai  validator ahli,  lalu  diuji cobakan terbatas  pada  38 siswa kelas X AV-4 SMKN 2 Surabaya. Validitas media pembelajaran audio visual memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh persentase penilaian > 62,5%. Efektivitas media pembelajaran audio visual memenuhi syarat efektif jika hasil belajar peserta didik mencapai >75%. Kepraktisan media pembelajaran audio visual memenuhi syarat praktis jika masingmasing kriteria memperoleh penilaian > 62,5%.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran audio visual menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan masing-masing kriteria  yang telah divalidasi dinyatakan valid dengan total hasil rating sebesar 85,5%. (2) efektivitas media pembelajaran audio visual dinyatakan efektif yang memperoleh ketuntasan klasikal kelas sebesar 84,21%. (3) kepraktisan media pembelajaran audio visual dinyatakan praktis yang memperoleh total hasil rating sebesar 85,41%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dalam proses pembelajaran..
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, (R&D)
Penulis: PUTRIASIH YANUARTI, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd170073

Artikel Terkait :