PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PENGGUNAAN PERALATAN TANGAN (HAND TOOLS) DAN PERALATAN BERTENAGA (POWER TOOLS)

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan game edukasi sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kompetensi dasar mendeskripsikan peralatan tangan (hand tools) dan peralatan bertenaga (power tools), dan (2) mengetahui kelayakan game edukasi sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kompetensi dasar mendeskripsikan peralatan tangan (hand tools) dan peralatan bertenaga (power tools). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengembangan game edukasi dengan model ADDIE menghasilkan game edukasi yang terdiri dari halaman utama, level game, skor, menu materi dan pengaturan. (2) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi didapatkan rerata skor 73 dari skor maksimal 96 dengan kategori “layak”. Berdasarkan penilaian oleh ahli media didapatkan rerata skor 79 dari skor maksimal 104 dengan kategori “layak”. Rerata skor yang diperoleh dari penilaian oleh siswa sebesar 62,73 dari skor maksimal sebesar 80 dengan kategori “layak”.
Kata kunci: game edukasi, media pembelajaran, peralatan tangan dan peralatan bertenaga
Penulis: Dwiyono
Kode Jurnal: jptlisetrodd170290

Artikel Terkait :