MAKANAN YANG DAPAT MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Berikut makanan-makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang harus kita ketahui (dan kita makan), agar dalam suasana musim penghujan ini kita nggak gampang diserang penyakit.
Makanan yang dapat menigkatkan daya tahan tubuh adalah makanan yang mengandung:
Vitamin C
Vitamin C membantu menghasilkan komponen alami untuk membunuh kuman. Konsumsi 400 miligram vitamin C diperlukan per hari. Vitamin C alami bisa didapatkan dari paprika, jeruk, atau strawberry.
Buah-buahan dan sayuran
Pola makan yang kaya buah-buahan dan sayuran adalah cara lain untuk memerangi setiap kondisi yang berhubungan dengan respon imun berkurang. Satu-satunya alasan untuk ini adalah bahwa mereka mengandung tingkat tinggi nutrisi meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C dan bioflavenoids. Vitamin C meningkatkan produksi melawan infeksi sel darah putih dan antibodi. Dengan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) tingkat, mereka mengurangi risiko tertentu cardio-vaskular penyakit. Demikian pula, kelompok yang disebut fitonutrien bioflavenoids melindungi sel-sel tubuh terhadap sejumlah polutan yang berbahaya tubuh.
Kacang-kacangan
Sangat bermanfaat bagi jantung yang sehat, sumber-sumber yang berharga dari Vitamin E membantu meningkatkan respon kekebalan tubuh Anda. Mekanisme utama operasi mereka adalah mereka merangsang produksi sel-sel pembunuh alami sehingga menghilangkan sel germinal berbahaya dan sel-sel kanker dalam tubuh. Tergantung pada gaya hidup seseorang, dosis harian nutrisi dapat bervariasi. Contoh seperti orang dengan gaya hidup tinggi dan tingkat konsumsi alkohol mungkin perlu lebih dari 100-400 miligram per hari.
Biji-Bijian
Beras coklat, gandum, barley, dan bentuk-bentuk serupa lainnya dari gandum mengandung komponen yang kaya nutrisi seperti serat, protein dan anti-oksidan. Bahkan, banyak ahli gizi mengklaim bahwa mereka memberikan nutrisi lebih penting daripada biji-bijian olahan seperti tepung putih. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti konsumsi setiap bentuk biji-bijian olahan dengan biji-bijian untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita.
Vitamin D
Tidak banyak yang tahu kekurangan vitamin D mengurangi kekebalan tubuh. Pastikan Anda mendapat cukup asupan vitamin D, misalnya dari susu, sereal, ikan salmon, dan telur.
Konsumsi Zat Besi
Zat besi membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan dapat melawan sel kanker. 12 miligram kebutuhan sehari dapat diperoleh dari kepiting, kerang, daging unggas, kacang-kacangan, kacang mete, dan yoghurt.
Konsumsi Ikan
Asam lemak esensial omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Jika Anda seorang vegetarian dan tidak tahan aroma ikan, makan suplemen minyak ikan.
Terapi Dengan Ramuan Tradisional
  1. Seduhan hangat 1 rimpang jahe, kencur, dan 5 biji cengkeh sekali sehari selama 3 hari.
  2. Seduhan hangat 1 rimapang jahe, 3 lembar daun sirih, dan 3 biji cengkeh sekali sehari selama 3 hari.
  3. Madu dan jus buah-buahan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Banyak minum teh, sari buah, dan menghisap cengkeh akan mengurangi rasa kering serta mengencerkan dahak di tenggorokan.

Artikel Terkait :