MAKANAN YANG BAIK UNTUK JANTUNG

Ada beberapa makanan yang baik untuk jantung. Tahukah Anda, penyakit jantung yang paling bahaya adalah jantung koroner. Penyakit ini terjadi akibat adanya penyumbatan, sehingga memperkecil pembuluh darah yang memberi  makanan dan mengaliri darah ke dinding jantung. Akibatnya jantung kekurangan makan dan oksigen. Kini jantung koroner menjadi pembunuh utama di negara-negara industri. Kebiasaan makan tidak sehat, tingkat stres,  tingginya kadarkolesterol dan tekanan darah menjadi penyebab utama. Mari kita jaga jantung kita dengan memakan makanan yang baik untuk jantung.
Sayuran berdaun
Pok choy, lobak, fenugreek, dan selada, sayuran ini adalah beberapa contoh jenis sayur yang dapat mengurangi penyakit jantung dan kanker. Sebab sayuran ini rendah lemak, kalori dan tingggi serat. Selain itu juga mengandung asam folat, magnesium, kalsium, kalium dan mineral untuk fungsi optimal jantung. Menurut penelitian, konsumsi satu porsi sayuran berdaun dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.
Oat
Oat adalah salah satu menu pilihan sehat yang baik di pagi hari. Makanan ini tidak hanya membuat perut kenyang dan energik tetapi juga menjadi makanan sehat untuk jantung. Mengandung beta glucan, serat mudah larut dalam tubuh yang membantu menurunkan kolesterol terutama LDL dalam tubuh.
Kacang merah
Semua jenis kacang-kacangan adalah sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol. Antioksidan dalam kacang-kacangan juga membantu melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas. Kacang hitam dan merah sangat tinggi senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin. Makanan sehat ini tentu sangat sehat untuk jantung Anda.
Bayam
Bayam termasuk sayuran berdaun, namun dibahas tersendiri karena bayam termasuk makanan terbaik untuk jantung. Bayam merupakan sumber vitamin C dan beta-karoten. Nutrisi ini merupakan antioksidan yang kuat dapat membantu mencegah kolesterol jahat dari oksidasi dan membentuk plak pada dinding arteri. Bayam juga kaya akan folat. Folat membantu memecah homosistein, zat berbahaya dalam darah yang terkait dengan penyakit jantung.
Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C dan serat. Buah ini juga kaya akan flavanon (salah satunya adalah senyawa hesperidin phytonutrisi). Hesperidin telah terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.
Gandum murni
Gandum sangat baik terhaap jantung karena mengandung serat alami, vitamin E, zat besi, magnesium dan antioksidan.
Protein kedelai
Kedelai merupakan makanan pengganti yang baik untuk daging merah yang tinggi lemak dan mampu meningkatkan kolesterol jahat dan lemak jenuh pada jantung.
Minyak zaitun
Mengkonsumsinya secara rutin dapat menurunkan ion LDL dalam tubuh. Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang sehat untuk jantung. Minyak zaitun dengan jenis Extra Virgin lebih banyak mangandung polifenol dibandingkan jenis lainnya.
Tomat
Tomat merupakan sumber vitamin yang berfungsi untuk membersihkan darah. Vitamin K dalam tomat berfungsi untuk mencegah terjadinya pendarahan. Akan lebih baik jika dikonsumsi pada saat segar.
Pisang
Pisang mengandung kalium dalam jumlah tinggi yang mampu meredakan degup jantung. Kalium bekerja sebagai elektrolit penting yang dibutuhkan untuk komunikasi antara otak dan jantung.
Bawang putih
Bawang putih dikenal sebagai pencegah penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, bawang putih juga kaya akan antioksidan yang mampu mengeluarkan racun tubuh.
Almond
Jenis kacang ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kelebihan lain almon: pengontrol nafsu makan bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
Tahu
Jika menginginkan jantung sehat, konsumsi tahu sangat dianjurkan. Produk olahan kedelai ini kaya akan kalsium dan vitamin yang baik untuk kesehatan jantung. Sajian tumis, tahu, puding tahu, atau semur tahu tak masalah. 

Artikel Terkait :