PENGERTIAN RESPIRASI

Pengertian respirasi berasal dari kata latin yaitu respirare yang artinya bernafas. Respirasi yaitu suatu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan O2, proses pengambilan O2 untuk memecah senyawa-senyawa organik menjadi CO2, H2O dan energi. Dari respirasi akan dihasilkan energi kimia ATP untak kegiatan kehidupan, seperti sintesis (anabolisme), gerak, pertumbuhan. Respirasi merupakan proses pernafasan yang menghirup / menghisap oksigen dari udara dan mengeluarkan / melepaskan karbondioksida ke udara.
Bernafas merupakan salah satu ciri utama makhluk hidup. Proses pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida berlangsung secara difusi. Oksigen akan menuju semua sel dalam semua jaringan melalui alat-alat pernafasan. Dengan bernafas setiap sel dalam tubuh menerima persediaan oksigennya dan pada saat yang sama melepaskan produk oksidasinya. Oksigen yang bersenyawa dengan karbon dan hidrogen dari jaringan memungkinkan setiap sel melangsungkan sendiri proses metabolismenya, yang berarti pekerjaan selesai dan hasil buangan dalam bentuk karbon dioksida dan air dihilangkan.
Respirasi atau bernapas adalah mengambil oksigen dari udara dan menghantarkannya ke jaringan. Di jaringan oksigen nantinya akan dipergunakan untuk membakar glukosa sehingga dihasilkan energi, dan energi tersebut dipergunakan untuk segala aktivitas tubuh.
Ampas dari peristiwa tersebut adalah CO2 dan H2O yang kemudian kedua ampas tersebut dikeluarkan dari tubuh. Reaksi kimianya adalah:
 CO2 + H2O + energi + Glukosa + O2
Jadi di dalam paru – paru terjadi pertukan zat antara O2 (Oksigen) di tarik dari udara masuk kedalam darah dan CO2 (karbondiooksida) akan dikeluarkan dari darah secara osmose. Seterusnya CO2 akan dikeluarkan melalui traktus respiratorius (jalan pernafasan) dan masuk ke dalam tubuh melalui kapiler – kapiler vena pulmonaris kemudian masuk ke serambi kiri jantung (atrium sinistra) → ke aorta → seluruh tubuh (jaringan – jaringan dan sel – sel) disini terjadi oksidasi (pembakaran) dan ampasnya (sisanya) dari pembakaran adalah CO2dan zat ini kan dikeluarkan melalui peredaran daran vena masuk ke jantung (serambi kanan / dekstra ) → bilik kanan (ventrikal dekstra) dan dari sini keluar melalui arteri pulmonaris ke jaringan – jaringan paru – paru akhirnya dikeluarkan menembus lapisan epitel dari alveoli. Proses pengeluaran CO2 ini adalah sebagian dari sisa dari metabolisme lainnya akan dikeluarkan melalui traktus urogenitalis dan kulit.
Sistem respirasi manusia dapat berlangsung berkat keberadaan alat-alat pernafasan. Alat pernafasan manusia terdiri dari rongga hidung, faring, trakea, bronkus, dan paru-paru. Bila salah satu organ pernafasan tidak mampu berfungsi secara normal maka bisa mempengaruhi kerja sistem pernafasan secara umum.
Guna atau Fungsi Respirasi
  1. Mengambil O2 (Oksigen) yang kemudian di bawa oleh darah ke seluruh tubuh (sel – selnya) guna mengadakan pembakaran.
  2. Mengeluarkan CO2 (karbondioksida) yang terjadi sebagai sisa dari pembakaran, kemudian di bawa oleh darah keparu – paru untuk di buang ( karena tidak berguna lagi oleh tubuh).
  3. Menghangatkan dan melembabkan udara.

Artikel Terkait :