Pengertian Skripsi

Menurut buku Panduan dan Informasi Akademik tahun 2006/2007, pengertian skripsi adalah suatu bentuk karya ilmiah yang disusun oleh setiap mahasiswa atas dasar suatu penelitian dalam rangka menyelesaikan studi program strata satu (S1). Menurut Purwadharminta (dalam Mastuti, 2010), skripsi adalah karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai persyaratan pendidikan akademis.
Widharyanto (dalam Herlina, 2008) menyatakan bahwa pengertian skripsi adalah karya ilmiah dalam suatu bidang studi yang dibuat oleh para mahasiswa strata satu pada masa akhir studinya sebgai persyaratan untuk menyelesaikan program studi. Studi yang dibuat harus berdasarkan pada suatu penelitian ilmiah, baik penelitian lapangan, penelitian perpustakaan, atau penelitian pengembangan.
Menurut Hariwijaya dan Djaelani (dalam Hayati, 2008) skripsi adalah tulisan ilmiah yang dibuat sebagai syarat seorang mahasiswa menyelesaikan studi program sarjananya. Skripsi ini sebagai bukti kemampuan akademik seorang mahasiswa dalam penelitian. Skripsi menjadi syarat kelulusan di perguruan tinggi, yang diwajibkan bagi mahasiswa S1 dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematik.
Jadi dapat disimpulkan pengertian skripsi adalah suatu karya ilmiah yang wajib dibuat oleh seorang mahasiswa sebagai syarat untuk menyelesaikan studi program S1 guna  mendapatkan gelar sarjana.

Artikel Terkait :