PENGERTIAN DAN MANFAAT STUDI KASUS

Ada beberapa pengertian dan manfaat studi kasus. Studi kasus dapat diartikan sebagai suatu metoda untuk menyelidiki atau mempelajari individu secara intensif, integratif dan komprehensif, dengan tujuan membantu siswa/individu untuk mencapai penyesuaian diri yang lebih baik. Pelaksanaan studi kasus diadakan dengan mengumpulkan data secara lengkap, bersifat rahasia, dikerjakan secara terus-menerus (kontinyu), secara ilmiah dan diadakan dengan memperoleh data dari berbagai pihak.
Studi kasus sendiri merupakan metode pengumpulan data yang bersifat menyeluruh dan terpadu. Menyeluruh berarti data yang dikumpulkan meliputi  seluruh aspek pribadi individu. Terpadu artinya menggunakan berbagai pendekatan dalam mengumpulkan data. Dengan demikian dari data yang terkumpul akan diperoleh pemahaman individu yang dimaksud. Individu yang dikenakan dalam studi kasus menunjukkan gejala mengalami kesulitan atau masalah yang serius, sehingga membutuhkan bantuan yang secepatnya.
Kegunaan studi kasus yaitu:
  1. Mendorong sekolah untuk mengadakan evaluasi
  2. Dapat mengembangkan penyelidikan latar belakang individu
  3. Menekankan pendekatan yang diteliti dalam memahami individu
  4. Dapat digunakan untuk inservice training, untuk memberikan pengertian tentang tes, non tes dan comulative records.
  5. Berguna untuk memecahkan masalah yang sulit dan kompleks.
Selain hal tersebut di atas studi kasus juga berguna untuk menetapkan jenis kesulitan atau masalah individu. Dari penentu jenis kesulitan ini lebih lanjut akan dapat ditentukan jenis bantuan dan bimbingan yang perlu diberikan, yang akurat sesuai dengan masalahnya.
Adapun pembahasan studi kasus mempunyai tujuan;
  1. Untuk mengenal keadaan individu yang bermaslah
  2. Untuk mengadakan interpretasi dan diagnosa tentang tingkah laku individu sesuai dengan kasusnya
  3. Mentukan jalan keluar dari masalah yang dihadapi individu.

Artikel Terkait :