Pengertian Kebugaran Aerobik

Pengertian kebugaran aerobik menurut Rizky Kurnia yang dikutip dari Miller (2002) kebugaran aerobik adalah kemampuan dari sistem sirkulasi danrespirasi untuk mengatur atau menyesuaikan dari latihan yang berat dan untuk memulihkan efek dari latihan itu sendiri. Miller juga menambahkan bahwa ini melibatkan dari fungsi jantung dan paru- paru, darah dan kapasitasnya untuk membawa oksigen, pembuluhdarah dan kapiler dalam memasok darah ke seluruh jaringan tubuh, dan sel otot, yang menggunakan oksigen untuk menyediakan energi untuk latihan daya tahan.
Menurut Rizky Kurnia yang dikutip dari Fox, dkk. (1987) kebugaran aerobik adalah kemampuan dari sistem jantung-paru untuk mengirim oksigen dan melepaskan karbondioksida dari otot rangka yang sedang bekerja selama aktivitas yang panjang. Mereka juga menambahkan bahwa baiknya dari kemampuan ini, berarti tingkat kebugaran aerobiknya tinggi.
Menurut Rizky Kurnia yang dikutip dari Cooper (1970) aerobik mengarah kepada jenis latihan yang merangsang aktifitas jantung dan paru dalam waktu yang cukup lama untuk menghasilkan perubahan yang menguntungkan di dalam tubuh. Cooper menambahkan bahwa berlari, bersepeda, dan jogging adalah contoh dari latihan aerobik.
Menurut Sukadiyanto (2005) daya tahan aerobik adalah kemampuan seseorang untuk mengatasi beban latihan dalam jangka waktu lebih dari 3 menit secara terus menerus. Dalam setiap cabang olahraga latihan fisik yang pertama kali dilakukan adalah membentuk daya tahan umum, yang baik dilakukan dengan latihan aerobik. Aerobik adalah bentuk aktivitas yang membutuhkan oksigen (O2).
Dapat disimpulkan bahwa pengertian kebugaran aerobik adalah kemampuan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah dalam menggunakan oksigen dan memanfaatkanya untuk menjadi sebuah tenaga yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari dalam waktu yang lama.

Artikel Terkait :