Manfaat Kebugaran Aerobik

Manfaat kebugaran aerobik sangat besar. Menurut Rizky Kurnia yang dikutip dari Miller (2002) kebugaran aerobik membuat tingkat efesiensi yang tinggi pada sistem sirkulasi dan respirasi dalam membawa oksigen ke otot yang sedang bekerja. Banyaknya oksigen yang dapat kita hirup dan kita gunakan, semakin lama juga kemampuan kita untuk bekerja (latihan) sebelum kelelahan.
Menurut Rizky Kurnia yang dikutip dari Miller (2002) menyatakan bahwa kebugaran aerobik juga mempunyai keuntungan dari segi kesehatan, yaitu:
  1. Meningkatkan daya tahan saat bekerja pada setiap usia
  2. Mengurangi resiko obesitas dan masalah lain yang berhubungan dengan obesitas
  3. Mengurangi resiko penyakit jantung
  4. Membantu dalam menangani stress dan depresi
  5. Membuat banyak orang merasa hidup lebih baik, secara fisik dan mental
Menurut Brittenham (1998) sistem kardiorespirasi yang terlatih mampu menahan usaha berintensitas rendah untuk waktu yang lama karena mampu mengambil banyak oksigen, mengantarkan oksigen dan menggunakannya sebagai sumber energi pada perpanjangan waktu.
Dari sistem kardiovaskuler, latihan aerobik mempunyai keuntungan (La Place, 1984):
  1. Meningkatnya ukuran dan kekuatan jantung, memungkinkan organ memompa darah lebih banyak setiap denyutan dan waktu istirahat lebih banyak antara denyutan mungkin menghemat 10.000 sampai 40.000 denyutan sehari.
  2. Meningkatnya ukuran dan kelenturan dari pembuluh darah, mengurangi tekanan darah dan menurunkan tingkat kolestrol dalam darah.
  3. Meningkatnya pasokan darah, termasuk naiknya jumlah hemoglobin dan plasma darah, yang memperlancar sistem pembuangan sisa-sisa metabolisme dan memberikan lebih darah untuk memenuhi otot dan jaringan lainnya; ini mengurangi kelelahan dan membangun daya tahan.
  4. Terciptanya jaringan baru dari pembuluh darah dan kapiler di daerah jantung dari otot rangka, dengan demikian meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.
Dapat disimpulkan bahwa kebugaran aerobik yang baik dapat menunjang aktivitas sehari-hari karena banyak keuntungan secara fisiologis yang didapat dari baiknya kebugaran aerobik.

Artikel Terkait :