Fungsi Alat Bantu Dengar Bagi Tuna Rungu

Alat bantu dengar atau hearing aids merupakan perangkat elektronik untuk penderita gangguan dengar yang digunakan pada satu atau dua telinga. Gangguan pendengaran terjadi ketika telinga tidak bisa bekerja dengan normal. Artinya penderitanya kesulitan mendengar percakapan atau suara keras terutama ketika berada di tempat bising. Berikut akan kami bahas fungsi alat bantu dengar bagi tuna rungu.

Semua orang bisa mengalami gangguan pendengaran, baik itu dari bayi yang berusia 0 bulan hingga lansia. Tingkat keparahan gangguan pendengaran setiap orang juga berbeda-beda. Misalnya menderita gangguan pendengaran ringan yang mana membuat penderitanya kesulitan mengikuti percakapan apalagi ketika berada di tempat yang bising.

Kemudian gangguan pendengaran sedang yang akan membuat penderitanya kesulitan mendengar jika tidak menggunakan alat bantu. Gangguan pendengaran berat, penderitanya bergantung pada alat bantu untuk bisa mendengar dan berkomunikasi. Terakhir gangguan pendengaran sangat berat yang mana penderitanya sangat sulit mendengar.

Fungsi Alat Bantu Dengar

Penderita gangguan pendengaran atau tuna rungu harus segera mendapat penanganan dari ahli sesegera mungkin dan mendapatkan alat bantu pendengaran. Sebab jika tidak maka gangguan pendengaran tersebut bisa berdampak besar pada penderitanya bahkan mempengaruhi kesehatan mental hingga mengubah masa depan dari orang yang menderitanya.

Misalnya, jika anak terlahir tuli dan tidak mendapatkan alat bantu dengar yang sesuai maka kemampuan bahasa dan bicaranya tidak akan berkembang. Sehingga anak tersebut akan tertinggal dari anak lain yang memiliki pendengaran baik. Tanpa penanganan yang tepat maka anak akan kesulitan ke sekolah, berteman, belajar, bahkan bekerja ketika sudah dewasa.

Kemudian pada orang tua lanjut usia atau lansia, gangguan pendengaran juga berdampak buruk. Misalnya ketika anggota keluarga berkumpul dan saling berbincang namun lansia baik kakek maupun nenek tidak bisa memahami apa yang diperbincangkan. Gangguan pendengaran tersebut bisa membuat lansia merasa kesepian bahkan mentalnya terpengaruh.

Untuk menghindari dampak itu, tentunya Anda selaku keluarga harus segera memeriksakan anak atau lansia yang diduga mengalami gangguan pendengaran dan memberikan alat bantu dengar. Dengan begitu maka anak atau lansia bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga mereka bisa terhindar dari berbagai dampak buruk yang tersebutkan di atas.

Fungsi alat bantu dengar tentunya sangat penting dan bisa memengaruhi kehidupannya. Alat bantu tersebut terdiri atas tiga komponen. Pertama mikrofon untuk merekam suara dan mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik yang kemudian dikirim ke amplifier. Amplifier berfungsi meningkatkan sinyal dan mengirim suara ke speaker.

Terakhir speaker memiliki fungsi untuk membuat suara tersebut lebih keras di telinga. Dengan cara kerja tersebut, tentunya membuat fungsi alat bantu dengar bagi tuna rungu sangat penting bagi para penderita gangguan pendengaran atau tuli. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat atau fungsi dari menggunakan alat bantu pendengaran tersebut:

Mendengar Suara yang Sebelumnya Belum Pernah Ia Dengar

Fungsi alat bantu dengar yang pertama yaitu mampu membuat penggunanya mendengarkan suara yang belum pernah ia dengar sebelumnya. Misalnya pada anak-anak yang sejak kecil sudah menderita gangguan pendengaran atau terlahir tuli. Setelah menggunakan alat bantu pendengaran mereka pun bisa mendengarkan lebih banyak suara sama seperti anak lainnya.

Mampu Berkomunikasi Langsung dengan Mudah

Fungsi alat bantu dengar bagi tuna rungu lainnya yaitu untuk memudahkan proses berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Untuk bisa berkomunikasi dengan baik, tentunya kita harus bisa saling mendengar. Dengan alat bantu ini penderita gangguan penderita gangguan pendengaran bisa mendengarkan suara lawan bicara dengan mudah.

Mendengar Pembicaraan di Telepon Lebih Jelas

Fungsi alat bantu dengar bagi tuna rungu lainnya yaitu untuk mempermudah mendengar saat menelepon telepon. Terkadang suara yang dihasilkan telepon kurang jelas sehingga akan membuat penderita gangguan pendengaran semakin sulit mendengarkan pembicaraan. Akan tetapi masalah tersebut bisa dipecahkan dengan menggunakan alat bantu pendengaran.

Itulah beberapa manfaat atau fungsi alat bantu dengar yang ternyata sangat penting. Singkatnya, alat bantu pendengaran membuat penderita gangguan pendengaran bisa mendengar dengan lebih baik dan jelas. Sehingga pastinya mereka akan sangat terbantu baik dalam berkomunikasi langsung maupun melalui telepon.


Artikel Terkait :