6 Penyebab Sakit Pinggang, Pola Hidup Kurang Sehat Hingga Stres!


Sakit pinggang merupakan rasa nyeri yang sangat umum dirasakan oleh sebagian besar manusia. Biasanya, nyeri ini terjadi pada bagian punggung bawah. Terutama muncul di area tulang belakang hingga pinggul.

Penyebab sakit pinggang pada setiap orang tentunya berbeda-beda. Nyeri ini juga tidak pandang usia, bahkan bisa saja terjadi dari anak-anak hingga lansia.

Ini Dia Penyebab Sakit Pinggang yang Wajib Anda Ketahui!

Terkadang, nyeri di pinggang memang bisa sembuh sendiri seiring berjalannya waktu. Dibantu dengan istirahat yang cukup atau mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri. Namun, langkah itu hanya berlaku jika nyerinya tidak terlalu serius.

Berbeda halnya jika kondisi sakit pinggang tersebut lebih serius, bahkan berlangsung dalam waktu cukup lama. Proses pengobatannya ada yang bisa sampai terapi dan tindakan operasi.

Maka dari itu, penting untuk Anda memahami faktor-faktor yang bisa memicu sakit pinggang. Sehingga kondisi tersebut bisa mendapat penanganan sedini mungkin. Agar semakin jelas, silakan simak penyebabnya berikut ini.

1. Saraf Kejepit

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh saraf tulang belakang yang mendapat tekanan dari jaringan tubuh lain di sekitarnya. Para penderita saraf kejepit akan merasakan nyeri luar biasa, tepatnya di bagian pinggang bawah hingga pinggul. Jika kondisinya semakin parah, dokter akan menyarankan pengobatan berupa terapi hingga operasi.

2. Cedera Pinggang

Cedera pada pinggang bisa terjadi ketika otot dan ligamen mengalami robekan atau peregangan terlalu lebar. Hal ini mengakibatkan rasa nyeri dan kaku sampai pinggang bagian bawah. Terkadang cedera tersebut bisa juga terjadi karena kecelakaan. Pengobatan dengan terapi bisa Anda lakukan, meski begitu sebaiknya tetap minta saran dari dokter spesialis.

3. Pola Hidup Kurang Sehat

Pola hidup yang kurang sehat ternyata bisa memicu sakit pinggang pada manusia. Seperti tidak pernah olahraga, perokok aktif, sering mengangkat beban berat, memakai high heels terlalu lama, kelainan postur tubuh, obesitas, hingga kurang minum air putih.

Sakit pinggang ini masih bisa ditangani dengan langkah sederhana. Cukup perbaiki pola hidup tanpa perlu pergi ke dokter.

4. Stres

Rupanya, gangguan mental seperti stres bisa menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan. Salah satunya yaitu sakit pada pinggang. Kondisi ini terjadi karena saat manusia stres, otot-otot di pinggang otomatis ikut tegang dan menjadi sakit. Imbangi dengan istirahat yang cukup, agar otak menjadi rileks dan tubuh sehat kembali.

5. Stenosis Tulang Belakang

Tulang belakang yang mengalami penyempitan akan menekan sumsum dan saraf di sekitarnya. Gejala ini membuat penderitanya seperti mati rasa, lemah, hingga kram. Bisa semakin parah apabila dipaksa untuk berdiri atau berjalan.

6. Osteoporosis

Penyakit satu ini sepertinya sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Kondisi tulang belakang yang mulai keropos dan rapuh tersebut biasanya dialami oleh para lansia.

Selain membuat pinggang menjadi nyeri dan sakit, beberapa kasus menyebutkan osteoporosis bisa memicu penurunan tinggi badan. Penanganannya bisa Anda mulai dengan sering minum susu berkalsium.

Nah, itu tadi beberapa faktor yang menyebabkan sakit pinggang. Semoga tulisan ini memberi informasi bermanfaat, terlebih bagi Anda yang sering mengalami nyeri serupa. 

Artikel Terkait :