Pesantren di Bandung, Kembangkan Kecerdasan Intelektual dan Spiritual

Pondok pesantren merupakan sistem pendidikan yang sangat baik, karena tidak hanya mengedepankan kecerdasan secara intelektual saja, akan tetapi juga spiritual. Hal inilah yang membuat masyarakat Indonesia, khususnya para orang tua memilih pendidikan pesantren. Menariknya, untuk mendapatkan pendidikan pesantren yang berkualitas, sudah semakin mudah. Pasalnya, telah hadir pesantren di Bandung, Al Ma’soem, yang bisa Anda jadikan pilihan.

Sejatinya, ada banyak manfaat yang bisa putra putri Anda dapatkan melalui pesantren ini. Mulai dari mendapatkan kesimbangan ilmu antara dunia dan akhirat, membangun mental yang kuat, melatih kedisiplinan, melatih kemandirian, belajar bertanggung jawab, maupun manfaat lainnya.

Pesantren di Bandung, Mengedepankan Kecerdasan Intelektual dan Spiritual

Bandung sendiri merupakan salah satu kota yang mengedepankan sistem pendidikan bermutu untuk semua kalangan usia. Itulah mengapa, pembentukan pesantren mendapatkan dukungan dan respon yang sangat baik. Untuk itulah, supaya Anda semakin yakin memilih pesantren ini untuk jenjang pendidikan anak-anak Anda, simak berikut ini ulasan dan review-nya.

Menerima Santri dari Semua Jenjang Pendidikan

Pesantren diBandung memberikan kesempatan bagi semua jenjang pendidikan yang ingin bergabung. Mulai dari pendidikan tingkat PG, TK, SD, SMP, SMA, hingga Universitas.

Berkat hal inilah, membuat Anda semakin mudah untuk memilih pendidikan sesuai kebutuhan anak-anak Anda. Meskipun menerima santri dari semua jenjang pendidikan, proses penerimaan calon santri tetap dilakukan secara selektif. Dengan begitu, anak-anak Anda tidak hanya menempuh pendidikan pesantren di tempat yang bagus saja, melainkan lingkungan yang baik pula.

Memberikan Materi Pembelajaran yang Lengkap

Pesantren ini selalu mengutamakan pendidikan para santrinya. Hal ini bisa Anda lihat dari materi pembelajarannya yang lengkap.

Materi ini dibagi menjadi dua kategori, materi utama dan materi penunjang atau ekstrakurikuler. Untuk materi utamanya sendiri mulai dari Al Qur’an dan Tajwid, Aqidah Akhlak, Fiqih, Hafalan Al Qur’an atau Tahfidz, dan Bahasa Arab.

Selain itu, terdapat materi utama lainnya seperti Nahwu Shorof, Bahasa Inggris, hingga Bahtsul Kutub atau Kitab Kuning (Kelas Takhosus). Sementara itu, untuk materi penunjangnya para santri mendapatkan kesempatan untuk memilih sendiri.

Pesantren di Bandung ini memiliki 17 jenis materi penunjang dalam bidang Seni Imtaq dan Iptek, serta 9 jenis materi penunjang dalam bidang olahraga. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan SMP Islam di Bandung untuk melanjutkan pendidikan putra putri Anda.

Melalui materi pembelajaran yang lengkap inilah, pendidikan anak-anak Anda bisa semakin maksimal. Baik itu dari segi pemahaman, pengetahuan, keterampilan, skill, dan lain sebagainya.

Menyediakan Fasilitas Memadai

Tak hanya unggul dari segi materi pembelajaran saja. Pesantren ini juga menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

Terdapat banyak fasilitas yang mampu mendukung pendidikan anak-anak Anda. Fasilitas tersebut antara lain, lab komputer, lab animasi, ruang bernyanyi, laundry, minimarket, kantin yang representatif, berkuda, memanah, kolam renang terpisah, hingga gym.

Selain itu, pesantren di Bandung ini juga menyediakan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Setiap kamar berisikan antara empat sampai dengan enam santri.

Masing-masing kamar dilengkapi dengan kamar mandi dalam, dan tempat tidur. Pesantren ini juga memiliki lingkungan yang tenang, nyaman, dan asri.

Berkat fasilitas yang memadai inilah, semua santri semakin bersemangat dalam menuntut ilmu. Fasilitas-fasilitas ini juga dapat memberikan dukungan untuk setiap kegiatan belajar mengajar.

Memberikan Kegiatan yang Mendidik dan Bermanfaat

Pesantren ini merupakan pilihan yang tepat bagi anak-anak Anda. Pasalnya, melalui pesantren ini, para santri mendapatkan banyak kegiatan yang mendidik dan bermanfaat.

Mulai dari kegiatan olahraga seperti, bola basket, futsal, bola voli, sepak bola, atletik, renang, taekwondo, tarung derajat, merpati putih, karate, panjat dinding, dan kegiatan olahraga lainnya. Selain itu, terdapat kegiatan olah seni, seperti teater, qasidah, paduan suara, degung, nasyid, kursus pembuatan film, kaligrafi, dan lainnya.

Pesantren ini juga memberikan keterampilan berpikir bagi semua santrinya melalui pelatihan dakwah, organisasi, studi Islam, dan sebagainya. Para santri juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan rekreasi dan aktivitas lainnya seperti ziarah dan rihlah, musabaqah dalam rangka hari besar Islam, dan lain-lain.

Al Ma’soem, pesantren di Bandung maupun SMP Islam di Bandung, merupakan tempat sekaligus pendidikan yang baik untuk anak-anak Anda, terutama di zaman serba teknologi seperti sekarang ini. Pastikan, anak-anak Anda mendapatkan pendidikan terbaik, dunia maupun akhiratnya.


Artikel Terkait :