PENGARUH KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN TEORI KEBANGRUTAN SPRINGATE TERHADAP HARGA SAHAM YANG TERGABUNG DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEKS DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009 - 2013

>

ABSTRAK: Kinerja perusahaan merupakan informasi yang dapat digunakan oleh calon investor atau investor di pasar modal untuk memutuskan investasi. Dalam mengambil keputusan investasi pelaku pasar atau investor dapat menghitung rasio dari setiap laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan. Rasio rasio tersebut merupakan rasio yang menunjukkan kinerja keuangan suatu perusahaan. Dengan mengetahui rasio keuangan perusahaan, maka dapat diketahui kondisi keuangan perusahaan dari tahun ke tahun, mengalami peningkatan atau penurunan kinerja. Jika perusahaan selalu mengalami penurunan kinerja, maka perlunya dilakukan prediksi terhadap estimasi kebangkrutan. Prediksi terhadap estimasi kebangkrutan hendaknya dilakukan oleh setiap perusahaan. Dalam penelitian ini akan digunakan teori kebangkutan yang lazim digunakan yaitu Springate Model.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan berdasarkan teori kebangkrutan Springate Model terhadap harga saham yang tergabung dalam Jakarta Islamic Indeks.

Metode yang digunakan untuk melakukan analisis adalah regresi linier berganda dengan jumlah perusahaan yang digunakan sebagai sampel sebanyak lima belas perusahaan dan laporan keuangan yang dianalisis mulai periode 2009 sampai dengan 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi tingkat Harga Saham adalah Earning Before Interest Tax to Total Assets, Earning Before Tax to Current Liability dan Sales To Total Assets. Sedangkan variabel yang tidak mempengaruhi tingkat Harga Saham adalah Working Capital to Total Asset. Namun secara simultan pengaruh kinerja keuangan sangat kecil hanya sekitar 1 % sedang 99 % dipengaruhi oleh variable lain di luar variabel yang diteliti. Saran kepada calon investor, dalam pengambilan keputusan investasi selain memperhatikan kinerja keuangan emiten juga harus memperhatikan variabel makro ekonomi.

Kata kunci: Springate Model, Harga Saham

Penulis: Yuwono

Kode Jurnal: jpmanajemendd161531

Artikel Terkait :