ADOPSI E-BUSINESS PADA LEMBAGA KOPERASI

ABSTRAK: Kemajuan teknologi memaksa dunia usaha untuk merekayasa ulang konsep bisnisnya agar dapat tetap bersaing. Untuk dapat tetap bertahan maka perusahaan harus terbuka terhadap perubahan teknologi. E-business adalah salah satu inovasi teknologi yang menentukan kemajuan usaha, maka dengan menerapkannya, efektivitas dan efisiensi kerja mampu ditingkatkan. Hal ini berdampak besar terhadap masa depan usaha tersebut.

Koperasi sebagai salah satu sokoguru perekonomian Indonesia adalah suatu bentuk lembaga ekonomi kerakyatan yang banyak menaungi UMKM di dalamnya, maka penting bagi koperasi untuk terus eksis. Koperasi di era modern ini haruslah bertransformasi mengikuti perkembangan teknologi sehingga mampu tetap bersaing dalam dunia bisnis modern.

Penelitian ini menemukan bahwa Kesadaran akan Manfaat dan Norma Subjektif berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Niat Perilaku. Kesadaran akan Kemudahan juga berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Kesadaran akan Manfaat. Terbukti pula bahwa Relevansi Pekerjaan, Kualitas Hasil dan Keyakinan akan Hasil berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Kesadaran akan Manfaat, serta Persepsi Kontrol Eksternal berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Kesadaran akan Kemudahan.

Kata Kunci: koperasi, e-business, technology acceptance model, niat perilaku

Penulis: Rizki Pratomo Sunarwibowo

Kode Jurnal: jpmanajemendd161526

Artikel Terkait :