PENGARUH PESAN IKLAN PADA PENGENALAN MEREK DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Pada Merek Susu Ibu Hamil Anmum Materna)


ABSTRAK: Informasi memegang peran yang penting bagi seluruh aspek kegiatan pemasaran. Pada kegiatan promosi yang merupakan salah satu dari kegiatanbauran pemasaran dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan beragam cara media, baik itu menggunakan media cetak dan non cetak, salah satunya denganmenggunakan media iklan di televisi. Anmum Materna sebagai salah satu mereksusu ibu hamil melakukan kegiatan penyebaran informasi melalui iklan di media televisi, adapun tujuannya adalah dalam rangka membangun pengenalan atas merek dan membangun kepercayaan konsumen atas merek yang diiklankan.
Penelitian ini mencoba meneliti pengaruh variabel pesan iklan pada pengenalan merek dan meneliti pengaruh variabel pesan iklan terhadap kepercayaan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh variabel pesan iklan terhadap pengenalan merek; dan ingin mengetahui pengaruhvariabel pesan iklan terhadap kepercayaan konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana terhadap 2 model regresi dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner kepada 104 orang wanita hamil yang pernah melihat iklan Anmum Materna dan berniat membeli, serta berdomisili di Bandar Lampung.
Hasil penelitan membuktikan bahwa terdapat pengaruh pesan iklan pada pengenalan merek ; dan terdapat pengaruh variabel pesan iklan pada kepercayaan konsumen.
Kata Kunci: Informasi, Pesan Iklan, Pengenalan Merek, Kepercayaan Konsumen
Penulis: Faila, Shofa
Kode Jurnal: jpmanajemendd151617

Artikel Terkait :