PENGARUH KONFLIK PERAN DAN STRES KERJA PADA KINERJA KARYAWAN WANITA


Abstrak: Perubahan dalam organisasi adalah merupakan suatu keharusan bagi organisasi yang ingin t etap maju dan berperan dalam persaingan a ntara organisasi. Perubahan dapat menimbulkan konflik pada karyawan yang pada akhirnya akanberdampak kinerja organisasi. Konflik yang terjadi dalam organisasi adalah sesuatuyang tidak dapat dihindarkan dari aktifitas-aktifitas sumberdaya manusia dalam mencapai kinerja individu ataupun kinerja organisasi.
Penelitian ini menguji pengaruh langsung dan tidak langsung konflik peran pada kinerja  dengan dimadiasi stres kerja. Sampel penelitian ini adalah karyawan wanila pada Bank BUMN di Provsi Lampung.
Hasil penelitian konflik peran berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan wanitadan stress kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan wanita pada industryperbankan. Pengaruh tidak langsung konflik peran terhadap kinerja karyawan dimediasi o leh stress kerja. Ini mengindikasikan pengaruh negatif konflik peran bias berdampak positif pada kinerja karyawan dengan dimediasi oleh s tress kerja. Karyawan yang mempunyai konflik peran (pekerjaan-keluarga atau keluargapekerjaan) berdampak positif ketika mereka mengalami tingkat stress yang moderat di dalam organisasi.
Kata kunci: konflik peran, stres kerja dan kinerja
Penulis: Rosnelly Rusdi, Ribhan
Kode Jurnal: jpmanajemendd151616

Artikel Terkait :