UJI EFEK IMUNOMODULATOR KOMBINASI EKSTRAK ETANOL KASUMBA TURATE (Carthamus tinctorius L.) DAN EKSTRAK ETANOL JINTAN HITAM (Nigella sativa)


Abstrak: Kecenderungan masyarakat untuk kembali ke alam (Back to Nature) dengan memanfaatkan berbagai tanaman untuk dijadikan obat diantaranya kasumba turate (Carthamus Tinctorius L.) dan Jintan Hitam (Nigella Sativa) yang diduga dapat berkhasiat sebagai imunomodulator dalam meningkatkan aktivitas dan kapasitas makrofag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pada pemberian kombinasi ekstrak etanol Kasumba turate (Carthamus Tinctorius L.) dan biji jintan hitam (Nigella sativa L.) memiliki efek imunomodulator pada mencit (Mus musculus) jantan terhadap aktivitas dan kapasitas fagisitosis makrofag. Kombinasi Ekstrak etanol Kasumba turate (Carthamus Tinctorius L.) dan biji jintan hitam, dibuat dengan konsentasi masing-masing 1,98 mg dan 2,08 mg ; 1,65 mg dan 2,6 mg; 1,32 mg dan 3,12 mg serta digunakan kontrol positif dan negatif sebagai pembanding. Selanjutnya masing-masing konsentrasi diinduksikan ke mencit selama tujuh hari dan pada hari ke delapan diinduksikan bakeri S.aures pada peritoneum mencit, lalu dibedah dan diambil cairan peritoneum dan diamati di bawah mikroskop menggunakan hemositometer.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak kasumba turate (Carthamus Tinctorius L.) dan ekstrak etanol biji jintan hitam (Nigella sativa L.) dapat berefek sebagai imunomodulator dengan nilai persen aktivitas kombinasi I yaitu 97,04%, kombinasi II yaitu 98,41%, dan kombinasi III yaitu 97,51 %. Pada uji LSD aktivitas fagositosis sel makrofag kombinasi ekstrak I,II,dan III dibandingkan dengan kontrol positif memperlihatkan tidak berbeda nyata (non signifikan) dengan nilai non signifikan berturut-turut 1,7(< LSD 0,5 dan 0,01), 2,17 (< LSD 0,5 dan 0,01), dan 3,07 (< LSD 0,5 dan 0,01).
KATA KUNCI: Ekstak Kasumba turate; Ekstrak Jintan Hitam; Imunomodulator; Makrofag
Penulis: Asrul Ismail, Gemy Nastity Handayany, Besse Surwanti
Kode Jurnal: jpfarmasidd150670

Artikel Terkait :