PERBANDINGAN GETAH TANAMAN YODIUM (Jatropha multifida Linn) DENGAN POVIDON IODIN UNTUK PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH GALUR (Sprague Dawley)


Abstract: Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman hayati, hal ini dapat dilihat dari banyaknya tanaman yang tumbuh di Indonesia. Saat ini banyak penelitian yang mengembangkan tanaman berkhasiat untuk pengobatan tradisional. Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tradisional adalah tanaman yodium (Jatropha Multifida L). Tanaman yodium diketahui memiliki bahan aktif alkaloid, saponin, flavonid dan tanin. Zat-zat tersebut berperan penting dalam proses penyembuhan luka sebagai antibakterial, antioksidan, dan anti-inflamasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan panjang penyembuhan luka setelah menggunakan getah tanaman yodium dan povidon iodin. Jenis penelitian ini adalah eksperimental. Penelitian ini menggunakan 3 kelompok perlakuan dan setiap kelompok terdiri dari 5 tikus yaitu kelompok 1 (getah tanaman yodium), kelompok 2 (povidon iodin), kelompok 3 (tanpa perlakuan). Data yang diperoleh dari rata-rata pajang penyembuhan luka kemudian dianalisis menggunakan One Way ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penyembuhan luka menggunakan getah tanaman yodium dengan povidon iodin. Ini dibuktikan dengan  p<0,05.
Kata Kunci: perbandingan luka, getah tanaman yodium, povidon iodin, sprague dawley
Penulis: Fitria Sri Haryati, Sunyoto, Sholikhah Deti Andasari
Kode Jurnal: jpfarmasidd160639

Artikel Terkait :