Perbandingan Efek Pemberian Jus Buah Apel Hijau (Mallus sylvestris Mill.) dan Jus Buah Apel Merah (Mallus domestica Borkh.) Terhadap Gangguan Toleransi Glukosa Darah Pada Tikus Putih Jantan Akibat Efek Samping Deksametason


ABSTRAK: Deksametason merupakan obat penting dalam duniapengobatan, karena memiliki efek farmakologis luas namun efek sampingnya pun luas, salah satunya menyebabkan kondisi hiperglikemia. Buah Apel diketahui memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengatasi kondisi hiperglikemia.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitasflavonoid buah apel hijau dan buah apel merah dalam menurunkan kandungan gula darah.
Metode : Penelitian ini merupakan eksperimental murni dengan prepost test control group design. Sampel terdiri dari 24 ekor tikus yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok negatif (aquadest), kelompok perlakuan (jus buah apel hijau dan apel merah). Pengukuran kadar gula darah dilakukan pada hari ke-0, ke-7 dan ke-14 melalui vena perifer ekor. Data diperoleh dari selisih kadar gula darah hari ke-7 dan ke-14, kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 20.
Hasil : Pada pemberian jus buah apel hijau dan apel merah masingmasing memiliki p-value < 0,05 dibandingkan dengan kontrol negatif, yang berarti ada perbedaan bermakna. Pada pemberian jus buah apel merah memiliki ̅ = 130 dan jus buah apel hijau memiliki ̅ = 108,71, berdasarkan uji statistic memiliki p-value 0,005 (< 0,05) yang berarti ada perbedaan bermakna dalammenurunkan kadar gula darah. Hal ini menunjukkan bahwa buah apel hijau memiliki kandungan flavonoid lebih tinggi dibanding buah apel merah. Simpulan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian buah apel hijau lebih efektifmenurunkan kadar gula darah dibandingkan dengan apel merah.
Kata kunci: Flavonoid, Apel Merah, Apel Hijau, Antihiperglikemik, Deksametason
Penulis: Lia Kusnul Khotimah, Dian Oktianti, Jatmiko Susilo
Kode Jurnal: jpfarmasidd170084

Artikel Terkait :