PERAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Perusahaan Earth Café di Seminyak)


ABSTRACT: Sejak beberapa dekade terakhir kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan semakin meningkat, peningkatan ini dicetuskan oleh adanya kekhawatiran besar kemungkinan terjadinya bencana lingkungan hidup  yang  mengancam, bukan  hanya  kesehatan, namun bahkan sampai pada kelangsungan hidup manusia dan keturunannya. Tujuan penelitian ini ialah peran keunggulan kompetitif memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus pada Perusahaan Earth Cafe di Seminyak). Penelitian ini dilakukan di Earth Cafe di Seminyak dengan teknik analisis data path analisa. Jumlah sampel yang didapat dengan menggunakan metode random sampling ialah sebanyak 90 responden.
Penelitian dilakukan pada Earth Cafe Seminyak dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang melalui random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner skala Likert. Teknik analisa data menggunakan path analysis. Berdassarkan hasil analisis dapat diketahui Green marketing berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Green marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Keunggulan kompetitif berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Keunggulan kompetitif memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian pada Earth Cafe Seminyak.
Kata kunci: green marketing, keunggulan kompetitif, keputusan pembelian
Penulis: Ida Bagus Ivan Satria Widiarsa, Eka Sulistyawati
Kode Jurnal: jpmanajemendd180096


Artikel Terkait :