PENGELOLAAN KEKAYAAN INTELEKTUAL SEBAGAI STRATEGI KEUNGGULAN PERUSAHAAN: STUDI KASUS PT CIPTA SARANA KENAYU LESTARI


ABSTRAK: Setiap perusahaan memerlukan pengelolaan berbasis pengetahuan (knowledge-based management) termasuk pengetahuan dalam mengelola kekayaan intelektual agar dapat melakukan inovasi secara terus menerus untuk mengantisipasi lingkungan yang berubah secara dinamis. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pengelolaan inovasi dan pengelolaan HKI yang dijadikan sebagai strategi keunggulan perusahaan pada PT Cipta Sarana Kenayu Lestari (PT CSKL).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskripif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang diperoleh dari subjek penelitian. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu pihak manajemen tertinggi dari PT CSKL. Metode pengumpulan data berupa metode wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Data dianalisis dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari setiap metode pengumpulan data dan ditarik kesimpulan sehingga mudah dipahami diri sendiri maupun orang lain
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT CSKL telah mengelola inovasi yang dimiliki baik itu inovasi produk maupun proses. PT CSKL menyadari pentingnya inovasi dan perlindungannya menjadi HKI dalam proses bisnis dengan mendaftarkannya ke Dirjen HKI. Namun dari rejim–rejim yang ada, PT CSKL hanya mengelola merek dan rahasia dagang. Hal ini disebabkan karena terbatas pada biaya dan fasilitas sebagai perusahaan kecil dan menengah, maka beberapa yang tidak didaftarkan yaitu logo perusahaan, formula lipstick madu, website, brosur dan desain kemasan. HKI yang terlindungi secara hukum dijadikan sebagai strategi keunggulan dalam melakukan strategi pengembangan usaha. Strategi ini dimulai dari pengelolaan inovasi sebagai perusahaan keluarga yang menjadi strategi level korporat menuju good corporate governance dan membentuk kerjasama aliansi strategis, diikuti dengan strategi level bisnis yang mengacu kepada strategi fokus Porter dan strategi bersaing sebagai ciri industri terfragmentasi dan strategi level fungsional pada bidang produksi, bidang pemasaran, bidang keuangan dan bidang research and development dan quality control.
Kata Kunci: inovasi, hak kekayaan intelektual, strategi keunggulan, PT Cipta Sarana Kenayu Lestari
Penulis: Septilina Melati Sirait
Kode Jurnal: jpfarmasidd130460

Artikel Terkait :