Pengaruh Persepsi Kualitas dan Harga terhadap Niat Beli Evercoss One X Android One (Studi pada Pengunjung WTC Surabaya)


Abstract: Perkembangan industri teknologi dan informasi yang begitu cepat, membuat semakin tingginya permintaan pada produk smartphone. Kondisi ini disikapi oleh Google sebagai produsen OS Android untuk menciptakan produk murah dan kompetibel dengan bekerjasama dengan Evercoss, sehingga tercipta produk Evercoss One X Android One. Tingginya permintaan produk smartphone oleh konsumen ternyata tidak terjadi pada semua produk smartphone, salah satunya pada produk smartphone Evercoss One X Android One. Penelitian ini menguji pengaruh persepsi kualitas dan harga terhadap niat beli Evercoss One X Android One.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah pengunjung WTC Surabaya dengan usia 18-50 tahun yang belum mempunyai produk smartphone Evercoss One X Android One, dengan jumlah sampel sebanyak 215 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling danmenggunakan teknik sampel insidental. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Analisis statistik menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 20.
Hasil penelitian inimenunjukan terdapat pengaruh persepsi kualitas dan harga terhadap niat beli sebesar 5,6 %, dan sisanya sebesar 94,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel persepsi kualitas dan variabel harga berpengaruh parsial terhadap variabel niat beli dan memiliki hubungan positif.
Kata kunci: persepsi kualitas, harga, niat beli
Penulis: GALANG YOGA G.
Kode Jurnal: jpmanajemendd171099

Artikel Terkait :