PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN SISTEM DISTRIBUSI PDAM SURYA SEMBADA SURABAYA


Abstract: Di jaman modern ini aspek keselamatan dan kesehatan kerja telah menjadi tuntutan utama dan merupakan kebutuhan umum. K3 bertujuan untuk mengelola resiko akibat kecelakaan dan penyakit kerja yang tidak diinginkan atau yang dapat menimbulkan kerugian. Sehingga hal tesebut dapat dicegah dan tidak mengganggu produktivitas tenaga kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap produktivitas kerja karyawan bagian sistem distribusi PDAM Surya Sembada Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan populasi sebanyak 146 karyawan dan penelitian ini menggunakan Probability Sampling dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 100 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan software SPSS versi 18.
Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa variabel keselamatan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja, variabel kesehatan kerja tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Keselamatan kerja dan kesehatan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan bagian sistem distribusi PDAM Surya Sembada Surabaya.
Kata Kunci: Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Produktivitas Kerja
Penulis: ANINDYA NOVITA KUSUMA
Kode Jurnal: jpmanajemendd171054

Artikel Terkait :