Pengaruh Kelompok Referensi, Diferensiasi Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan (Studi Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Cabang Ponorogo)


Abstrak: Persaingan bisnisklinik kecantikanyang semakin ketat, dimana setiap klinik kecantikan harus menerapkan strategi pemasaran untuk memenangkan pasar. Larissa Aesthetic Center adalah salah satu klinik kecantikan yang berusaha memenuhi kebutuhan konsumen akan perawatan kecantikan. Larissa Aesthetic Center harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat tetap bertahan atau bahkan memenangkan persaingan dalam bisnis. Salah satu cara untuk menciptakan keunggulan bersaing adalah dengan menerapkan strategi diferensiasi dan harga yang tepat sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Produk perawatan kulit merupakan produk yang memiliki resiko tinggi, maka dari itu konsumen memerlukan informasi dan saran dari kelompok referensi dalam melakukan keputusan pembelian. Apabila ketiga hal tersebut sudah berjalan dengan baik maka tingkat keputusan pembelian dari konsumen akan mengalami peningkatan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh kelompok referensi, diferensiasi produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk perawatan (studi pada konsumen Larissa Aesthetic Center Cabang Ponorogo). Populasi dalam penelitian ini adalah member yang membeli dan menggunakan produk Larissa Aesthetic Center Cabang Ponorogo. Sampel yang diambil sebanyak 110 orang dengan teknik insidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan skala pengukuran Likert. Hasil penelitian tentang pengaruh kelompok referensi, diferensiasi produk, dan harga menunjukkan bahwa koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 93 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Variabel kelompok referensi merupakan variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelianproduk Larissa Aesthetic Center Cabang Ponorogo dengan nilai thitung sebesar 6,546.
Kata Kunci: Kelompok Referensi, Diferensiasi Produk, Harga, Keputusan Pembelian
Penulis: YOGA FAMEI AKBARINI
Kode Jurnal: jpmanajemendd171090

Artikel Terkait :