Pengaruh Dimensi Keadilan Organisasional terhadap Perilaku Kerja Kontraproduktif Karyawan (Studi pada Divisi ATK-Mart PT. Gading Murni Surabaya)


Abstrak: Perilaku kerja kontraproduktif terjadi tidak hanya pada perusahaan yang baru berkembang, tetapi juga pada perusahaan yang juga telah terbukti mampu menjaga eksistensi bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dimensi keadilan organisasional, yakni keadilan distributif, keadilan prosedural, dan keadilan interaksional terhadap perilaku kerja kontraproduktif karyawan divisi ATK-Mart PT. Gading Murni Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 89 karyawan dan sampel sebanyak 40 karyawan penempatan dalam kota Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa keadilan distributif tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kerja kontraproduktif karyawan. Keadilan prosedural berpengaruh signifikan negatif terhadap perilaku kerja kontraproduktif karyawan. Keadilan interaksional tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kerja kontraproduktif karyawan. Secara simultan, ketiganya berpengaruh signifikan terhadap perilaku kerja kontraproduktif.
Keywords: Organizational justice, distributive justice, procedural justice, interactional justice, counterproductive work behavior
Penulis: EDWARD STEPHANUS JOSEP
Kode Junal: jpmanajemendd171081

Artikel Terkait :