PENGARUH CMC, KARBOMER DAN TRAGAKAN SEBAGAI SUSPENDING AGENT TERHADAP SIFAT FISIK SUSPENSI METRONIDAZOL


Abstrak: Karboksimetilselulosa (CMC), karbomer dan tragakan merupakan golongan derivat selulosa, polimer sintetik dan polisakarida yang dapat digunakan sebagai suspending agent. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah apakah karboksimetilselulosa (CMC), karbomer dan tragakan dengan masing – masing konsentrasi 1% mempunyai pengaruh terhadap sifat fisik suspensi metronidazol dan suspending agent manakah yang memiliki pengaruh paling baik sebagai pensuspensi terhadap sifat fisik suspensi metronidazol.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Farmasetika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal. Suspensi yang akan dibuat menggunakan zat aktif metronidazol. Metode yang digunakan dalam pembuatan sediaan suspensi adalah metode dispersi. Sediaan suspensi dibuat sebanyak 3 botol masing – masing 60 ml. Ketiga sediaan yang dibuat dilakukan pengamatan terhadap sifat fisik organoleptik, pH, bobot jenis, viskositas dan sedimentasi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa ketiga zat pensuspensi yang digunakan memberikan sifat fisik suspensi metronidazol yang berbeda. Dari ketiga formula yang dibuat menunjukkan bahwa formula III yang menggunakan suspending agent tragakan menunjukkan hasil yang paling berpengaruh dibandingkan dengan formula yang menggunakan suspending agent CMC dan Karbomer, dilihat dari uji bobot jenis dan uji viskositasnya. Hasil uji organoleptik untuk Formula I, Formula II dan Formula III menghasilkan bentuk yang seragam yaitu bentuk cair kental, berwarna orange, mempunyai bau khas jeruk dan berasa manis. Hasil pH untuk semua formula adalah 6. Untuk uji bobot jenis dari Formula 1 sebesar 1,10 g/ml, Formula 2 sebesar 1,09 g/ml dan untuk Formula 3 sebesar 1,20 g/ml. Hasil uji viskositas untuk Formula 1 sebesar 129,50 cp, Formula 2 sebesar 95,60 cp dan untuk Formula 3 sebesar 198,59 cp, sedangkan untuk hasil uji sedimentasi untuk Formula I adalah 0,62, untuk Formula II yaitu 0,84 dan untuk hasil sedimentasi Formula III adalah 0,91.
Kata Kunci: Karboksimetilselulosa (CMC), Karbomer Dan Tragakan, Suspensi Metronidazol, Sifat Fisik Suspensi
Penulis: Etti Yuliana
Kode Jurnal: jpfarmasidd130383

Artikel Terkait :