PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK. AUTO2000 WARU SURABAYA PADA BAGIAN PART & ACCESSORIES (DEPO)


Abstract: Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor kunci dalam persaingan global. Oleh karena itu, kemajuan suatu perusahaan dapat di tentukan dari sumber daya manusia yang mampu menampilkan kinerja terbaik dari setiap individu. Dan untuk menciptakan kinerja karyawan yang efektif dan efisien demi kemajuan organisasi maka salah satunya yaitu perlu adanya budaya organisasi sebagai salah satu pedoman bagi karyawan untuk melakukan aktivitas organisasi. Selain budaya organisasi stres kerja juga perlu diperhatikan oleh pemimpin disuatu perusahaan karena tidak menutup kemungkinan bahwa karyawan sering dihadapkan persoalan atau masalah dalam perusahaan sehingga hal tersebut bisa dapat menyebabkan timbulnya stres.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Budaya Organisasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jenis penelitian ini adalah kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 66 karyawan PT Astra International Tbk. AUTO2000 Waru Surabaya pada bagian Parts & Accessories (Depo) dari berbagai divisi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Karyawan. Dan stres kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Keywords: Organizational Culture, Job Stress, Employee Performance
Penulis: FENNY RAVIONITA
Kode Jurnal: jpmanajemendd171057

Artikel Terkait :