PENGARUH BASIS SALEP HIDROKARBON, SERAP DAN KOMBINASI TERHADAP SIFAT FISIK SALEP MINYAK ATSIRI SEREH (CYMBOPOGON NARDUS [L.] RENDLE)


Abstract: Obat tradisional sudah digunakan secara turun menurun. Khasiatnya juga tidak kalah dengan obat kimia yang sekarang marak beredar. Salah satu obat tradisional yang sering digunakan adalah sereh. Sereh (Cymbopogon nardus [L.] Rendle) memiliki berbagai khasiat seperti anti radang, penghilang nyeri (analgesik), dan melancarkan sirkulasi meridian dan darah. Faedah lain untuk sakit kepala, sakit otot ngilu sendi, batuk, nyeri lambung, diare, menstruasi tidak teratur, bengkak sehabis melahirkan, dan memar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis basis salep hidrokarbon, salep serap serta kombinasi terhadap sifat fisik salep minyak atsiri Sereh (Cymbopogon nardus [L.] Rendle)
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian ini adalah basis salep hidrokarbon, serap, kombinasinya dan sifat fisik salep minyak atsiri Sereh (Cymbopogon nardus [L.] Rendle). Variabel penelitian ada tiga, yaitu : (1) Variabel bebas: basis salep hidrokarbon, basis serap dan kombinasinya, (2) Variabel terkendali: asal tanaman, lokasi pengambilan tanaman, proses maserasi, metode pencampuran dan pengadukan dan (3) Variabel terikat : sifat fisik salep minyak atsiri Sereh (Cymbopogon nardus [L.] Rendle) yang meliputi uji organoleptis, uji homogenitas, uji pengukuran pH, uji daya menyebar, uji daya melekat dan uji daya proteksi. Analisa menggunakan Deskriptif One Way Anova. Dari hasil analisis Deskriptif One Way Anova, menunjukan bahwa ada pengaruh basis salep terhadap sifat fisik salep ekstrak maserasi daun ubi jalar. Hasil evaluasi menunjukan bahwa formula II memiliki daya lekat dan daya proteksi salep yang lebih baik dibanding formula I dan III.
Kata kunci: minyak atsiri Sereh (Cymbopogon nardus [L.] Rendle), destilasi, basis
Penulis: Joko Santoso
Kode Jurnal: jpfarmasidd140535

Artikel Terkait :