PENGARUH BAHAN PENGHANCUR PATI GANYONG (Canna edulis, Ker.) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK TABLET PARASETAMOL


Abstract: Bahan penghancur ditambahkan untuk memudahkan pecahnya atau hancurnya tablet ketika berkontak dengan cairan saluran pencernaan. Amilum dan jenis-jenis derivatnya merupakan bahan penghancur yang paling umum dipakai, sehingga pati ganyong dapat dijadikan sebagai bahan penghancur tablet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pati ganyong sebagai bahan penghancur terhadap karakteristik fisik tablet parasetamol.
Dalam penelitian ini dibuat tiga formula tablet parasetamol dengan penambahan bahan penghancur pati ganyong yang konsentrasinya dibedakan yaitu formula I 10%, formula II 15% dan formula III 20%. Metode pembuatan tablet parasetamol dengan menggunakan metode granulasi basah. Granul kering diuji kadar air, kecepataan alirnya, sudut diam dan pengetapan, sedangkan tablet diuji sifat fisiknya meliputi keseragaman bobot, kekerasan, waktu hancur dan kerapuhan.
Hasil uji sifat fisik granul dan tablet dianalisis secara statistik dengan menggunakan program SPSS. Analisa data untuk uji pengaruh menggunakan uji t-test dan diperoleh hasil bahwa ada pengaruh penggunaan pati ganyong sebagai bahan penghancur dalam berbagai konsentrasi (10%, 15%, 20%) pada tablet parasetamol terhadap karakeristik fisik tablet parasetamol. Dan untuk mengetahui perbedaan menggunakan uji anova satu jalur, berdasarkan uji anova satu jalur diketahui adanya perbedaan penggunaan untuk semua formula dengan konsentrasi bahan penghancur pati ganyong yang berbeda terhadap karakteristik fisik tablet parasetamol.
Kata kunci: pati ganyong, bahan penghancur, granulasi, tablet parasetamol
Penulis: Tiara Indah Galeri
Kode Jurnal: jpfarmasidd140536

Artikel Terkait :