Penentuan Kadar Vitamin C dan Aktivitas Antioksidan Buah Carica (Vasconcellea cundinamarcensis) Wonosobo


ABSTRAK: Informasi mengenai kandungan vitamin C dalam buah carica (Vasconcellea cundinamarcensis) sangatlah penting karena dapat meningkatkan daya jual buah tersebut.Selain itu, potensi buah carica sebagai antioksidan belum banyak diteliti oleh kalangan peneliti.Kedua hal tersebut merupakan suatu kajian yang menarik, sehingga peneliti melakukan kajianini yang bertujuan untuk menganalisis kadar vitamin C dan aktivitas antioksidan dari buahCarica yang tumbuh di daerah Wonosobo.
Penelitian ini dimulai dengan melakukan preparasi pada buah Carica sehingga didapatkan larutan buah Carica. Selanjutnya dilakukan analisis kandungan asam organik total, asam askorbat, dan aktivitas antioksidan. Analisis kandungan asam organik dilakukan menggunakanmetode titrasi alkalimetri, analisis kandungan asam askorbat dilakukan dengan spektrofotometri UV-Vis, dan analisis aktivitas antioksidan dilakukan menggunakan metode DPPH.
Hasil yang diperoleh, konsentrasi asam organik total dalam sampel buah Carica adalah setara dengan 0,4 N. Kandungan asam askorbat dalam sampel buah Carica adalah sebesar1560 ppm dan Nilai IC50 dari buah Carica didapatkan dari larutan sampel dengan pengenceran 118x atau setara dengan buah Carica dengan berat 17 gram.
Kata Kunci: Carica, asam organik, asam askorbat, antioksidan
Penulis: Hery Muhamad Ansory; Rinda Binugraheni;  Argo Khoirul Anas
Kode Jurnal: jpfarmasidd160511

Artikel Terkait :