Efek Antihiperkolesterolemia Ekstrak Etanol Herba Alfafa (Medicago sativa) Pada Tikus Putih Jantan


ABSTRAK: Hiperkolesterolemia adalah kelainan yang ditandai dengan peningkatan konsentrasi kolesterol dalam darah. Alfafa (Medicago sativa) merupakan salah satu tanaman yangdipercaya dapat mengendalikan kolesterol darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefek  antihiperkolesterolemia ekstrak etanol herba Alfafa dan dosis efektifnya.
Uji antihiperkolesterolemia ekstrak etanol herba Alfafa menggunakan tikus putih jantan galur Wistar sebanyak 30 ekor yang dibagi menjadi 6 kelompok. Kelompok 1 (kontrol normal)diberikan pakan standart. Kelompok 2 (kontrol negatif) diberikan CMC Na 0,5%. Kelompok 3 (kontrol positif) diberikan Simvastatin. Kelompok 4, 5 dan 6 diberikan ekstrak etanol herba Alfafa 270, 540 dan 1080 mg/kg BB. Semua perlakuan diberikan 7 hari secara oral. Induksi hiperkolesterol dengan pakan tinggi lemak yaitu campuran makanan standar tikus dengan 15% lemak babi dan 5% kuning telur bebek, serta fruktosa 1,8 g/kgBB tikus. Induksi diberikan kepada semua kelompok selama 50 hari, kecuali kontrol normal. Pengukuran kadar kolesterol total darah dilakukan pada hari ke 0, 51 dan 58. Kadar kolesterol yang diperoleh dihitung % penurunan yang selanjutnya diuji statistika dengan SPSS release 16.
Hasil uji statistika menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok control negative, dengan ekstrak etanol herba Alfafa ketiga dosis. Dan terdapat perbedaan yang signifikan juga dengan kontrol positif dengan ekstrak etanol herba Alfafa ketiga dosis. Hal ini membuktikan bahwa ekstrak etanol herba Alfafa dapat berefek antihiperkolesterolemia, namunbelum sebanding dengan Simvastatin. Dosis ekstrak etanol herba Alfafa yang memberikan efek tertinggi sebagai antihiperkolesterolemia adalah 270 mg/kgBB tikus.
Kata kunci: ekstrak etanol, herba Alfafa, kolesterol
Penulis: Ika Puspitaningrum, Lia Kusmita, Wahyuning Setyani
Kode Jurnal: jpfarmasidd160510

Artikel Terkait :