ISOLASI, IDENTIFIKASI SECARA MOLEKULER MENGGUNAKAN GEN 16S rRNA DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DARI BAKTERI SIMBION ENDOFIT ALGA Padina sp.


ABSTRAK: Alga Padina sp. merupakan jenis alga yang berasal dari kelas Phaeophyta (alga coklat) yang tersebar dalam jumlah yang banyak di perairan Sulawesi Utara, memiliki potensi sebagai  antibakteri. Mikroba simbion endofit adalah mikroba yang berada di dalam tubuh tanaman untuk sebagian besar siklus hidup mereka tanpa ada dampak yang merugikan bagi tanaman inang, meliputi bakteri dan jamur (Kandel et al., 2017). Bakteri endofit memiliki potensi besar dalam pencarian sumber-sumber obat baru (Tan and Zou, 2001). Identifikasi bakteri dapat dilakukan dengan sebuah metode berbasis molekuler dengan gen 16S Rrna (Kattar et al., 2000). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas antibakteri dari bakteri simbion endofit isolat dari alga Padina sp. terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dan mengetahui spesies bakteri simbion endofit dari alga Padina sp. yang  memiliki aktivitas antibakteri terbesar. Sampel alga yang halus diencerkan sampai 10-7, dilakukan penanaman, isolasi dan inokulasi pada media Nutrient Agar (NA), inkubasi selama 1 x 24 jam. Diperoleh 3 isolat bakteri endofit yang berbeda dan dilakukan pengujian aktivitas antibakteri dengan metode difusi sumuran, dan diameter diukur sehingga diperoleh hasil isolat bakteri simbion endofit MB.1 (6,58 mm), MB.2 (7,66 mm), MB.3 (00.00) pada bakteri Staphylococcus aureus,  sedangkan pada bakteri Escherichia coli hasil isolat bakteri endofit MB.1 (7.22 mm), MB.2 (8,58 mm), MB.3 (3,80 mm). Daya antibakteri terbesar terhadap kedua bakteri uji yaitu isolat bakteri simbion endofit MB.2. Hasil identifikasi molekuler menunjukkan bahwa isolat bakteri MB.2 memiliki kesamaan 100% dengan Bacillus cereus dan Bacillus thuringiensis.
Kata kunci: Alga Padina sp., Bakteri simbion endofit, aktivitas antibakteri, identifikasi                           molekuler, Gen 16S rRNA
Penulis: Maretsha C.H. Sihombing
Kode Jurnal: jpfarmasidd180248

Artikel Terkait :