INTERAKSI OBAT TERHADAP PERESEPAN ANTIPSIKOTIK PASIEN SKIZOFRENIA DIRUMAH SAKIT JIWA SAMBANGLIHUM KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2011


ABSTRAK: Skizofrenia merupakan penyakit kronik yang membutuhkan terapi antipsikotik jangka panjang sehingga sangat mungkin dalam proses terapi ditemukanpermasalahan dalam penggunaan antipsikotik. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui persentase peresepan antipsikotik; persentase adanya potensi interaksiobat; persentase interaksi obat secara farmakokinetik, farmakodinamik, dan keduanya; dan persentase interaksi obat pada fase farmakokinetik, farmakodinamik, dan keduanya baik yang menaikkan maupun menurunkan efek.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah rekam medik pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kalimantan Selatan tahun 2011 yang memenuhi criteriainklusi, dimana jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 471. Hasil penelitian menunjukkan persentase peresepan antipsikotik haloperidol dan Chlorpromazine sebesar 37.99% dan 29.19%. Persentase potensi adanya interaksi obatdariterapisecarakombinasisebesar 69.6%,dimana persentase interaksi farmakokinetik, farmakodinamik, dan keduanya sebesar 2.96%, 3.45%,dan 93.6%.
Kata kunci: Skizofrenia, Interaksi Obat, RSJ, Sambang Lihum, Antipsikotik
Penulis: Aristha Novyra Putri, Yugo Susanto, Difa Intannia
Kode Jurnal: jpfarmasidd170071

Artikel Terkait :