Formulasi Sediaan Nano Herbal Tempuyung (Sonchus arvensis L.) dalam Bentuk Self Nano-Emulsifying Drug Delivery System (SNEDDS)


Abstrak: Tempuyung (Sonchus arvensis L.) merupakan tanaman asli Indonesia yang berhkasiat sebagai diuretik dan antioksidan. Untuk mendapatkan efek terapi yang optimal perlu inovasi untuk membuatnya menjadi sediaan nano herbal. Penelitian ini bertujuan  membuat sediaan nano herbal tempuyung dalam bentuk Self Nano-Emulsifying Drug Delivery System (SNEDDS).  Kandungan zat aktif tempuyung diekstraksi dengan etanol dan berikut diuapkan pelarutnya untuk mendapatkan ekstrak kental. Ekstrak yang diperoleh distandarisasi menurut Farmakope Herbal Indonesia. Berikutnya dibuat SNEDDS tempuyung dengan menggunakan minyak Capryol-90, surfaktan tween 20 dan ko-surfaktan PEG 400. SNEDDS yang diperoleh dikarakterisasi meliputi ukuran partikel dan zeta potensial. Dari ekstraksi diperoleh ekstrak kental sebanyak 77,52 g. Hasil ini telah memenuhi syarat jika dibandingkan dengan Farmakope Herbal yang menyebutkan perolehan rendemen ekstrak kental daun tempuyung adalah tidak kurang dari 7,5%.  Formulasi tempuyung dalam bentuk sediaan SNEDDS diperoleh suatu nanoemulsi yang jernih dengan ukuran partikel 16,2 ± 1,06 nm dan nilai zeta potensial -37,48±0,74 mV. Dapat disimpulkan bahwa ekstrak tempuyung menghasilkan suatu nano herbal dalam bentuk sediaan SNEDDS.
Kata Kunci: tempuyung; nano herbal; SNEDDS
Penulis: Budy Wijiyanto, Primadara Damayanti, Mira Amaliasari Sitorus, Ratih Dyah Listianingrum, Arifa Caryn Dea, Yandi Syukri
Kode Jurnal: jpfarmasidd160595

Artikel Terkait :