FORMULASI DAN UJI SIFAT FISIK EMULSI MINYAK JARAK ( Oleum ricini ) DENGAN PERBEDAAN EMULGATOR DERIVAT SELULOSA


Abstract: Berbagai penelitian menunjukan bahwa minyak jarak merupakan minyak lemak yang berkhasiat dan merupakan sumber gizi penting bagi manusia. Emulsi merupakan sediaan yang mengandung dua zat yang tidak tercampur, biasanya mengandung air dan minyak, dimana cairan yang saat terdispersi menjadi butir-butir kecil dalam cairan yang lain.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Farmasi Politeknik Harapan Bersama Tegal, mengenai perbedaan derivat selulosa terhadap uji sifat fisik emulsi minyak jarak (Oleum ricini) dengan mengamati sifat fisik emulsi yang meliputi organoleptis, pH, berat jenis, viskositas, tipe emulsi, dan volume sedimentasi selama 1 bulan penyimpanan terhadap variasi emulgator derivat selulosa yang berbeda yaitu CMC Na, MC dan kombinasinya.
Hasil pengamatan berdasarkan pengujian terhadap pH, berat jenis, viskositas, dan volume sedimentasi menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan organoleptis dan tipe emulsi tidak ada perbedaan oleh penggunaan emulgator yang berbeda.
Kata kunci: Minyak jarak (Oleum ricini), Emulsi, CMC Na
Penulis: Heni Purwatiningrum
Kode Jurnal: jpfarmasidd140528

Artikel Terkait :