Efek Pemberian Jus Brokoli (Brassica oleracea var. italica) Terhadap Kadar Asam Urat Tikus Putih Jantan Galur Wistar


Abstrak: Penggunaan obat tradisional sebagai alternatif dalam pencegahan asam urat diantaranya adalah brokoli (Brassica oleracea var. italica) yang diduga mengandung vitamin C. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jus brokoli (Brassica oleracea var. italica) terhadap kadar asam urat tikus putih jantan galur Wistar.
Penelitian ini menggunakan 5 kelompok perlakuan dan setiap perlakuan terdiri dari 5 ekor tikus putih jantan galur Wistar. Selama 7 hari masing-masing kelompok diberi perlakuan. Kelompok I kontrol negatif diberi aquades sebanyak 2,5 ml/200 g BB, kelompok II control positif diberi vitamin C dengan dosis 27 mg sebanyak 2,5 ml/200 g BB, kelompok III, IV, Vdiberi perlakuan jus brokoli (Brassica oleracea var. italica) dengan kadar 5% v/v, kadar 10% v/v dan kadar 15% v/v lalu diukur kadar asam urat pertama dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Pada hari ke-8 sampai ke-14 masing-masing kelompok diberi pakancampuran melinjo 75% dan pellet 25% lalu diukur kadar asam urat kedua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jus brokoli (Brassica oleracea var. italica) pada kadar 5% v/v memiliki pengaruh lebih rendah terhadap kontrol positif, sedangkan kadar 10%v/v dan kadar 15% v/v memiliki pengaruh yang sama dengan kontrol positif. Hal tersebutmembuktikan bahwa kadar 10% v/v dan kadar 15% v/v dapat mencegah kadar asam urat yang sebanding dengan vitamin C.
Kata kunci: Asam urat, Brokoli (Brassica oleracea var. italica), vitamin C
Penulis: Richa Yuswantina, Istianatus Sunnah , Mamluatun Nikmah
Kode Jurnal: jpfarmasidd130365

Artikel Terkait :