EFEK INFUSA DAUN SIRIH MERAH (Piper crocatum) TERHADAP PENGARUH ULSEROGENIK ASETOSAL PADA TIKUS PUTIH JANTAN GALUR WISTAR


Abstrak: Daun sirih merah (Piper crocatum) secara empiris bermanfaat sebagai antiulser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antiulser infusa daunsirih merah pada tikus putih jantan galur Wistar yang diinduksi dengan asetosal dosis 0,5 g/KgBB dan mengetahui dosis infusa daun sirih merah yang sebanding dengan Sukralfat.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni. Tiga puluh ekor tikus dibagi menjadi lima kelompok perlakuan yaitu kontrol negatif (Aquades), kontrol positif (Sukralfat 500,8 mg/KgBB), infusa daun sirih merah 10%, 15% dan 20%. Ulkus diskor menurut Ashok, data diuji menggunakan metode analisisKruskal Wallis dan dilanjutkan ke uji Mann Whitney dengan taraf kepercayaan 95%.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa infusa daun sirih merah konsentrasi 20% mempunyai efek antiulser sebanding dengan sukralfat, dengan nilaisignifikasinya 1,000. Dikarenakan daun sirih merah memiliki kandungan alkaloid,saponin, tanin dan flavonoid yang mekanismenya sebanding dengan sukralfat yaitu menghambat aksi asam pepsin, garam empedu, serta menghambat difusi asam lambung.
Kata kunci: Infusa Daun sirih merah (Piper crocatum), antiulser, tannin
Penulis: Richa Yuswantina, Istianatus Sunnah dan Al Hajar Fuadatus Zurroh
Kode Jurnal: jpfarmasidd140504

Artikel Terkait :