EFEK EKSTRAK DAUN TALOK (Muntingia calabura L.) TERHADAP DAYA TUMBUH RAMBUT KELINCI JANTAN GALUR AUSTRALIA


Abstrak: Daun talok mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol yang diduga dapat mempercepat pertumbuhan rambut kelinci jantan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui efek dan konsentrasi ekstrak daun talok yang memberikan efektivitas yang sebanding dengan hair tonic sebagai penumbuh rambut.
Penelitian eksperimental murni post test control design. Sampel 25 ekor kelinci jantan galur australia dibagi menjadi 5 kelompok yaitu, kontrol negatif (aquades), kontrol positif (hair tonic), ekstrak konsentrasi 5%, 10% dan 15%. Perlakuan diberikan pada pagi dan sore hari sebanyak 0,5 ml. Pengukuran panjang rambut pada hari ke 3, 6,9, 12, dan 15 dengan menggunakan jangka sorong. Data yang didapat dihitung nilai AGD (Average Growth Daily gain). Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan AUC (Area Under Curve). Data diuji ANAVA satu jalan dengan taraf kepercayaan 95% menggunakan SPSS 18,0 for windows.
Hasil analisa statistik daun talok dengan hair tonic dengan nilai signifikansi 0,718 menunjukkan bahwa ekstrak daun talok 15% mempunyai efek yang sebanding dengan hair tonic dalam mempercepat pertumbuhan rambut.
Kata kunci: flavonoid, saponin, polifenol, daun talok (Muntingia calabura L.), pertumbuhan rambut
Penulis: Richa Yuswantina, Oni Yulianta W, Zahratul Fitri
Kode Jurnal: jpfarmasidd140505

Artikel Terkait :