ANALISIS KONFLIK KELUARGA-PEKERJAAN SERTA PENGARUHNYAT ERHADAP KINERJA KARYAWAN WANITA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA KHATULISTIWA KOTA PONTIANAK


ABSTRACT: Adanya tekanan ekonomi dan pendidikan wanita yang semakin maju mendukung semakin banyak wanita yang terjun ke dunia pekerjaan. Hal ini menyebabkan banyak wanita yang emainkan peran ganda dalam kehidupannya, yaitu peran sebagai pekerja dan peran sebagai istri/ ibu rumah tangga yang merupakan kodratnya, adanya peran ganda ini tak jarang menimbulkan konflik karena terbaginya perhatian terhadap masing-masing peran. Di saat melakukan perannya sebagai pekerja tak jarang pekerja wanita harus memikirkan juga masalah-masalah keluarga, sebaliknya saat menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga tak jarang pekerjaan-pekerjaan kantor yang belum selesai mengambil sebagian waktu dan pikirannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konflik keluarga-pekerjaan terhadap kinerja karyawan wanita pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode atau desain penelitian kausalitas. Sampel penelitian ini sebanyak 43 karyawan khususnya wanita sudah menikah yang menggunakan metode sampel sensus. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial, terdapat satu variabel yang terbukti secara signifikan mempengaruhi kinerja, yakni variabel tekanan perkawinan. (2) Secara simultan tidak ada pengaruh signifikan antara tekanan sebagai orang tua, tekanan perkawinan, kurangnya keterlibatan sebagai istri, kurangnya keterlibatan sebagai orangtua, dan campur tangan pekerjaan terhadap kinerja.
Kata Kunci: Konflik keluarga-pekerjaan, kinerja karyawan
Penulis: Sulistiowati
Kode Jurnal: jpmanajemendd120723

Artikel Terkait :