ANALISIS KEPUASAN PASIEN FARMASI RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL: STUDI DI RUMAH SAKIT SWASTA X JAKARTA


ABSTRAK: Pembangunan kesehatan Indonesia saat ini mulai menekankan pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dimana pelayananyang berkualitas haruslah berorientasi pada tercapainya  kepuasan pelanggan. Instalasi Farmasi Rumah Sakit X (RS X) merupakan salah satu penunjang medik sehingga dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang berkualitas yang berorientasi pada tercapainya kepuasan pasien.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada 400 pasien Farmasi Rawat Jalan (FRJ) RSX, yaitu di FRJ Jaminan (FRJ A dan B) maupun FRJ Tunai (FRJ F). Adapun kategori pasien yang ada di FRJ adalah pasien jaminan induk perusahaan, pasien pensiunan induk perusahaan Jabodetabek, jaminan lain dan tunai. Teknik sampling yang dipakai adalah nonprobability sampling, yaitu quota sampling. Tingkat kepuasan pasien dilihat dengan metode SERVQUAL dan dilakukan pemetaan dimensi kualitas pelayanan beserta atributnya dalam Diagram Kartesius.
Secara umum, pasien belum merasa puas dengan kinerja FRJ RSX. Hasil penelitian pada keseluruhan responden adalah terjadinya gap bernilai negatif antara harapan pasien dengan kinerja FRJ RSX, dengan gap terbesar berturut-turut yaitu dimensi daya tanggap (-0,7100), empati (-0,6550), keandalan (-0,5800), jaminan (-0,4975) dan berwujud (-0,4200). Urutan pasien mulai dari yang merasakan ketidakpuasan paling besar adalah pasien pensiunan induk perusahaan Jabodetabek(30,59%), pasien tunai (29,08%), pasien jaminan lain (22,22%) dan pasien jaminan induk perusahaan (18,11%). Urutan ketidakpuasan pasien berturut-turut mulai dari ketidakpuasan terbesar dirasakan terhadap pelayanan di FRJ F (37,49%), kemudian FRJ A (32,47%) dan terakhir di FRJ B (30,04%).
Berdasarkan pemetaan Diagram Kartesius, FRJ RSX perlu lebih memperhatikan dimensi daya tanggap, terutama mengenai kecepatan pelayanan dan pengadaan petugas lebih pada jam-jam sibuk.
Kata kunci: Kualitas layanan, Kepuasan, SERVQUAL, Diagram Kartesius
Penulis: Daniar Pratiwi
Kode Jurnal: jpfarmasidd130462

Artikel Terkait :