ANALISIS EFEKTIVITAS PRODUKSI OBAT KAPLET FLOXAD DAN SIRUP LAFIDRIL : STUDI KASUS DI LEMBAGA FARMASI DIREKTORAT KESEHATAN ANGKATAN DARAT BANDUNG


ABSTRAK: Lembaga Farmasi Direktorat Kesehatan Angkatan Darat (Lafi Ditkesad) selalu melakukan perbaikan yang secara terus menerus di segala aspek, tidak hanya fokus pada kualitas produk yang dihasilkan, tetapi juga harus dapat mengatur biaya produksi yang harus dikeluarkannya. Oleh sebab itu, Lafi Ditkesad harus dapat mengalokasikan faktor-faktor produksi yang dimilikinya secara tepat dan efektif agar tidak terjadi pemborosan penggunaan faktor-faktor produksi yang akan merugikan Lafi ditkesad. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor produksi tenaga kerja dan mesin terhadap hasil produksi obat kaplet Floxad dan sirup Lafidril di Lafi Ditkesad dan mengetahui tingkat efektivitas penggunaan input di Lafi Ditkesad.
Teknik pengumpulan data berdasarkan studi dokumentasi dari Lafi Ditkesad. Pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dan bersifat penelitian eksplanatory yang didukung oleh metode survei. Pada penelitian ini dilakukan analisis regresi linier berganda yang dimodifikasi dari model fungsi produksi Cobb-Douglas dengan alat bantu perangkat lunak SPSS. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji F dan uji t dengan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama faktor produksi tenaga kerja (probabilitas = 0,03) dan mesin(probabilitas = 0,00) berpengaruh signifikan terhadap produksi obat sirup Lafidril,  sedangkan untuk obat kaplet Floxad, faktor produksi tanaga kerja (probabilitas = 0,00) berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi, akan tetapi faktor produksi mesin (probabilitas = 0,09) berpengaruh tidak signifikan terhadap hasil produksi. Efektivitas produksi obat kaplet Floxad lebih baik dari proses produksi obat sirup Lafidril dilihat dari indeks efektivitas masing-masing fungsi produksi dimana indeks efektivitas proses produksi obat kaplet Floxad sebesar 57641,61 sedangkan untuk obat sirup Lafidril sebesar 4755,23.
Kata Kunci: Cobb-Douglas, efektivitas, tenaga kerja, mesin
Penulis: Andika Purnama Devi
Kode Jurnal: jpfarmasidd130469

Artikel Terkait :