Analisis Drug Related Problems (DRP’S) dalam Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Anak Rawat Inap di Klinik Sari Medika Ambarawa


ABSTRAK: Infeksi adalah proses invasif oleh mikroorganisme dan berpoliferasi didalam tubuh yang menyebabkan sakit. Infeksi dapat diterapi menggunakanantibiotik, dan penggunaan antibiotik yang tepat dibutuhkan untuk mengatasi masalah resistensi antibiotik. Drug Related Problems (DRP’s) penggunaanantibiotik merupakan masalah serius akibat ketidaktepatan pemakaian antibiotic yang dapat memberikan dampak negatif dan mempengaruhi tercapainya tujuan terapi. Untuk menganalisis DRP’s dalam penggunaan antibiotik pada pasien anak rawat inap di Klinik Sari Medika Ambarawa periode Januari-Mei 2016.
Metode penelitian ini adalah non eksperimental menggunakan pendekatan retrospektif dan dianalisis secara deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukandengan cara mengumpulkan data sekaligus pada satu waktu dan menggunakandata yang lalu. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling. Terdapat 61 pasien yang memenuhi kriteria inklusi, dan diperoleh 54kasus (88,52%) tepat indikasi, 7 kasus (11,48%) tidak tepat indikasi. Sedangkan 45 kasus (73,77%) tepat dosis dan 16 kasus (26,23%) tidak tepat dosis yaitu dosis yang diberikan terlalu rendah (underdose). Tidak ada potensi interaksi obat pada pasien.
Berdasarkan parameter tepat indikasi, tepat dosis, dan potensi interaksi, penggunaan antibiotik yang rasional sebanyak 39 pasien (63,93%), sedangkan penggunaan antibiotik yang tidak rasional sebanyak 22 pasien (36,07%).
Kata Kunci: Antibiotik, Drug Related Problems, pediatric
Penulis: Nova Hasani Furdiyanti, Nyla Amelia Maharani, Meilinda Saputri
Kode Jurnal: jpfarmasidd160522

Artikel Terkait :