UPAYA PENCEGAHAN KOMPLIKASI KEHAMILAN DAN PERSALINAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL


Abstract: Kematian ibu dan bayi dapat dicegah dengan beberapa strategi yaitu dengan pemberdayaan perempuan, keluarga dan masyarakat, kerjasama lintas sektor mitra lain termasuk pemerintah daerah dan lembaga legislatif dan peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan KIA (Prasetyawati, 2012). Dari strategi tersebut dapat diketahui secara jelas bahwa kematian ibu dan bayi tidak hanya merupakan tugas dari para tenaga kesehatan namun juga tugas bagi seluruh masyarakat. Salah satu cara untuk melaksanakan strategi tersebut adalah melalui Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan ibu Hamil tentang Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Upaya Pencegahan Komplikasi Kehamilan Di BPM Sri Harmamik Kudus
Metode Penetian: Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kohort prospektif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester 1, trimester 2 dan trimester 3 di BPM Sri Harmamik Kudus yaitu 40 orang pada bulan Juni sampai Juli 2016. Teknik sampling adalah total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 ibu hamil. Uji analisis data menggunakan Kendall Tau.
Hasil penelitian : Sejumlah 80% responden berusia 20-35 tahun, 70% responden memiliki anak 2-3 orang, 77,5% responden  lulusan SMP, SMA/PT, 47,5% adalah ibu rumah tangga. Sejumlah 92,5% responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik tentang P4K. Sejumlah 85% responden telah melakukan upaya P4K dengan baik. Berdasarkan uji statistik menggunakan uji Kendall Tau didapatkan hasil bahwa p value 0,010. Nilai p value < 0,05  berarti ada hubungan antara pengetahuan dengan pelaksanaan upaya P4K.
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan ibu tentang P4K berhungan dengan pelaksanaan upaya P4K, semakin baik tingkat pengetahuan ibu tentang P4K maka semakin baik pelaksanaan upaya P4K.
Kata kunci: Upaya P4K, Karakteristik ibu hamil
Penulis: Nasriyah, Ika Tristanti
Kode Jurnal: jpkebidanandd170331

Artikel Terkait :