PERBEDAAN EFEKTIFITAS TEKNIK FIRM COUNTER PRESSURE DENGAN TEKNIK DEEP BACK MASSAGE TERHADAP INTENSITAS NYERI PERSALINAN PADA IBU BERSALIN KALA 1 FASE AKTIF DI RS AURA SYIFA KOTA KEDIRI TAHUN 2017


ABSTRAK: Nyeri persalinan dapat berkurang dengan beberapa cara baik farmakologi dan non farmakologi. Pada non farmakologi dengan teknik Firm counter pressure dan teknik deep backmassage yang digunakan untuk mengurangi nyeri persalinan. Berdasarkan survei pendahuluan padaibu bersalin di RS Aura Syifa Kota Kediri Tahun 2015 pada 10 ibu bersalin didapatkan 7 (70%) ibudengan nyeri berat, 2 (20%) ibu dengan nyeri sedang dan 1 (10%) ibu dengan nyeri ringan. Tujuanpenelitian ini adalah menganalisa perbedaan Efektifitas Teknik Firm Counter Pressure dan Teknik Deep Back Massage terhadap intensitas nyeri persalinan Pada Ibu Bersalin Kala I Fase Aktif.
Rancangan penelitian ini menggunakan two group pretest – posttest design. Populasinya seluruh ibu bersalin kala I fase aktif sejumlah 32 responden menggunakan teknik purposive sampling. Selamakontraksi dilakukan penekanan pada sakrum yang dimulai saat awal kontraksi dan diakhiri setelahkontraksi berhenti, begitu juga dengan Deep Back Massage . Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan untuk mengetahui perbedaan efektifitas menggunakan uji Mann Whitney . Hasil penelitianmenunjukkan Intensitas nyeri ibu bersalin sebelum dilakukan teknik Firm Counter Pressure sebagian besar mengalami nyeri sedang dan sesudah dilakukan teknik Firm Counter Pressure sebagian besar mengalami nyeri sedang. Intensitas nyeri ibu bersalin sebelum diberikan Deep back massage sebagian besar mengalami nyeri sedang dan sesudah diberikan Deep back massage hampir seluruhnyamengalami nyeri ringan. Hasil uji Wilcoxon ρ value untuk firm counter pressure 0,034 dan untuk deepback massage 0,000 yang artinya ρ value < 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan antarasebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan p value 0.873 > α 0.05 sehingga dapat disimpulkan tidak ada perbedaan efektifitas antara Teknik Firm Counter Pressuredengan Deep Back Massage terhadap intensitas nyeri pada ibu bersalin kala I fase aktif. Hasilpenelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif terapi non farmakologi untuk menurunkan intensitas nyeri persalinan.
Kata kunci: Firm Counter Pressure, Deep Back Massage, intensitas nyeri
Penulis: siti aminah
Kode Jurnal: jpkebidanandd170470

Artikel Terkait :