PENGARUH PEMBERIAN OBAT ANTIHIPERTENSI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT YANG MENJALANI RAWAT INAP DI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA


ABSTRAK: Kejadian stroke iskemik 10 kali lebih sering dibandingkan stroke perdarahan di negara-negara barat, namun stroke perdarahan memiliki risiko mortalitas yang lebih tinggi dibandingkan stroke iskemik. Salah satu fokus manajemen stroke akut adalah manajemen hipertensi. Penurunan tekanan darah pada pasien stroke iskemik berpotensi menurunkan risiko terjadinya edem otak, risiko hemoragi, dan mencegah kerusakan vaskular lebih lanjut. Namun, penurunan tekanan darah secara agresif dapat menyebabkan penurunan tekanan perfusi ke area iskemik.Kebanyakan pasien hipertensi memerlukan dua atau lebih obat antihipertensi untuk mencapai target tekanan darahnya.
Penelitian ini menggunakan rancangan studi observasional dengan pengambilan data secara retrospektif terhadap rekam medik pasien stroke iskemik akut. Dilakukan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta periode Januari 2010-Desember 2010. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis evaluatif chi-square terhadap hubungan antara jenis terapi dengan penurunan tekanan darah pasien stroke iskemik akut.
Obat antihipertensi awal yang digunakan pada pasien stroke iskemik akut di RSUP Dr. Sardjito ada 13 jenis dari 5 golongan obat antihipertensi. Setelah mendapatkan obat antihipertensi tunggal, pasien yang mengalami penurunan tekanan darah sistolik pada hari ke-3 adalah 60%, sedangkan yang 17% tetap dan 23% naik dan setelah mendapatkan obat antihipertensi kombinasi, pasien yang mengalami penurunan tekanan darah sistolik pada hari ke-3 adalah 75%, sedangkan yang 10% tetap dan 15% naik. Terapi obat antihipertensi tunggal maupun kombinasi mempunyai kemampuan yang sama dalam menurunkan tekanan darah sistolik (p=0,260) dan diastolik (p=0,567) pada pasien stroke iskemik akut di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.
Kata kunci: Hipertensi, stroke iskemik akut, obat antihipertensi tunggal, obat antihipertensi kombinasi, RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta
Penulis: Wahyu Sedjatiningsih, Zullies Ikawati, Abdul Gofir
Kode Jurnal: jpfarmasidd120371

Artikel Terkait :