Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Delima (Punica granatum L) Terhadap Efek Sedasi Pada Mencit BALB/C


Abstrak: Daun delima (Punica granatum L) telah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional. Kandungan alkaloid dalam daun delima diduga mempunyai efek sedasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh ekstrak etanol daun delima (Punica granatum L) terhadap efek sedasi pada mencit BALB/C.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain post test only control group. Sampel adalah 25 ekor mencit BALB/C, yang dibagi menjadi 5 kelompok yaitu 1 kelompok kontrol negatif yang diberi aquadest, 1 kelompok control positif yang diberi fenobarbital 0,0546 mg/20gBB dan 3 kelompok perlakuan yangdiberi ekstrak etanol daun delima (Punica granatum L) dengan kadar 4% b/v, 8% b/v, dan 12% b/v.
Hasil diuji dengan one way ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%, dan Uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol daun delimadengan kadar 4% b/v, 8% b/v dan 12% b/v dapat menimbulkan efek sedasi dan kadar yang memiliki efek sedasi setara dengan fenobarbital adalah kadar 12% b/v.
Kata Kunci: Daun Delima (punica granatum L), Sedasi, Alkaloid
Penulis: Niken Dyah Ariesti , Sikni Retno K, Lale Reta Utami
Kode Jurnal: jpfarmasidd120270

Artikel Terkait :