Penetapan Kadar Zn dalam Larutan Teh Penyegar Kemasan Kaleng Secara Spektrofotometri Serapan Atom


Abstrak: Pada perkembangan saat ini banyak minuman yang dibuat dalam bentuk cepat saji dan dikemas dalam wadah kaleng. Dimana kaleng tersebut terbuat dari logamberat yang dapat mencemari larutan teh penyegar. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan kadar logam Zn yang terkandung dalam larutan teh penyegar kemasankaleng. Sampel didapat secara acak. Sampel terdiri dari dua buah larutan tehpenyegar kemasan kaleng yang berbeda merk. Dari masing-masing merk diambil 3 kaleng, dan kemudian dianalisis dengan menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom.
Dari penelitian menunjukkan bahwa larutan penyegar dalam kemasan kaleng mengandung logam Zn. Sampel A yaitu 0,3008 mg/L ± 0,0220 dan sampel B yaitu 0,3874 mg/L ± 0,0312. Berdasarkan hasil diatas dinyatakan bahwa logam Zn yangterkandung dalam larutan penyegar kemasan kaleng tidak melampaui batas maksimal kandungan Zn normal yaitu 5,0 mg/L.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa merk mempengaruhi kadar cemaran logam Zn dalam larutan teh penyegar kemasankaleng. Serta dari hasil analisis kadar dinyatakan bahwa larutan teh penyegar kemasan kaleng aman untuk dikonsumsi.
Kata kunci: Zn, larutan teh penyegar, kaleng, Spektrofotometri Serapan Atom
Penulis: Enny Fachriyah, Richa Yuswantina, Puguh Arianto Wibowo
Kode Jurnal: jpfarmasidd120271

Artikel Terkait :