HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG VITAMIN A DENGAN PERILAKU PEMBERIAN VITAMIN A PADA ANAK USIA 6-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MIRAN PROVINSI MALUKU


ABSTRAK: Vitamin A bermanfaat untuk menurunkan angka kematian dan angkakesakitan, selain untuk kesehatan mata, Vitamin A dapat  meningk atkan daya tahan tubuhterhadap penyakit infeksi seperti campak, diare dan ISPA (infeksi saluran pernafasanakut).
Tujuan Penelitian: Diketahuinya hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang vitamin A dengan perilaku pemberian vitamin A pada anak usia 6-59 bulan di Posyandu Cempaka Wilayah Kerja Puskesmas Miran, Provinsi Maluku.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakanjenis penilitian kuantitatif dan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu-ibu yang mempunyai anak usia 6-59 bulan di osyandu Cempaka sebanyak 57 orang.
Hasil: tingkat pengetahuan ibu ada pada kategori cukup, dan perilaku pemberian vitamin A ada pada kategori baik, data dianalisis menggunakan uji Spearman Rank. Tingkat pengetahuan ada pada kategori cukup sebanyak 22 (61,1%), baik sebanyak 8 (22,2%) dan kurang sebanyak 6 (16,7). Perilaku pemberian Vitamin A ada pada kategori baik sebanyak 26 (72,2%) dan yang tidak baik sebanyak 10 (27,8%). Hasil analisis dua variable menunjukan ada hubungan dengan kekuatan r=0,646 dengan nilai significancy pada hasil menunjukan (P=0,00<0.01).
Kesimpulan: Ada hubungan yang kuat antara tingkat pengetahuan ibu tentang vitamin A dan perilaku peberian vitamin A pada anak usia 6-59 bulan di Posyandu Cempaka Wilayah Kerja Puskesmas Miran, Propinsi Maluku
Penulis: Heni Febriani, Yuli Ernawati, Suhatriani Rumadan
Kata Kunci: Pengetahuan, perilaku, ibu, Vitamin A
Kode Jurnal: jpkesmasdd180041

Artikel Terkait :