ANALISIS PELAKSANAAN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA ) WIDIYANTI


ABSTRAK: Rekam medis merupakan sangat penting di rumah sakit sehinggapenyelenggaraan rekam medis harus dikelola dengan tenaga yang profesional.Tujuan Umum : Untuk mengetahui informasi mendalam te ntang pelaksanaan rekam medis diRumah Sakit Ibu dan A nak (RSIA)Widiyanti Palembang.
Tujuan Umum : Untuk mengetahui informasi mendalam tentang pelaksanaan rekam medis di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Widiyanti Palembang.
Metode Penelitian : Desain penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi.
Hasil penelitian : Belum ada organisasi rekam medis, pelaksanaan kegiatan rekam medisdilakukan secara rolling. Sumber Daya Manusia (SDM) rekam medis harus ditempatkan khususdibagian rekam medis disertai dengan tugas yang jelas. Metode penyelenggaraan rekam medissudah berjalan walaupun hasilnya belum optimal, karena Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dibuat tidak disosialisasikan. Sarana dan prasarana yang menunjang dalam penyelenggaraan rekam medis sudah baik, ditandai dengan adanya tempat penyimpanan arsip khusus rekam medis. Sarana dan prasarana yaitu kursi, meja, komputer, buku pendaftaran pasien dan tempat pelayanan registrasi rawat jalan dan rawat inap sudah tersedia, belummemiliki anggaran dana untuk pelaksanaan rekam medis terutama dengan mengirim tenaga rekam medis untuk mengikuti pelatihan.
Kesimpulan : pelaksanaan rekam medis sudah berjalan namun belum optimal.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Rekam Medis, Rumah Saki
Penulis: Fera Siska
Kode Jurnal: jpkesmasdd180040

Artikel Terkait :